Home / Aceh / Budi Waseso Pegang Teguh Janji Program GDAD Gayo Lues
Penobatan Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menjadi 'Panglima Sidik Sasat' Tanah Gayo, di Pendopo Bupati Gayo Lues, Sabtu (14/7) malam. (WOL Photo/Bustanuddin)

Budi Waseso Pegang Teguh Janji Program GDAD Gayo Lues

BLANGKEJEREN, Waspada.co.id – Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso, turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para Ketua Adat, Bupati dan seluruh masyarakat Gayo Lues yang telah menganugrahkan gelar ‘Panglima Sidik Sasat’ kepada dirinya.

Demikian dikatakan Budi Waseso saat menerima penobatan gelar adat masyarakat Gayo di Pendopo Bupati Gayo Lues, Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Sabtu (14/7) malam. “Hal ini merupakan penghormatan yang sangat tinggi terhadap saya, dan saya juga telah dinobatkan sebagai warga Gayo Lues,” ungkapnya.

“Pertama kali saya datang ke Gayo Lues ketika masih menjabat sebagai Kepala BNN. Saya tahu Gayo Lues adalah daerah yang sangat terkenal sampai ke Kolumbia dan dunia internasional, disamping terkenal dengan Tarian Saman yang sudah diakui oleh Unesco, tetapi terkenal juga karena hal yang negatif, yaitu pemasok ganja terbesar di Asia,” ungkap Kepala Bulog ini.

Buwas berharap hal negatif tersebut akan diubah dengan hal yang positif, maka saat itu dicanangkanlah program GDAD (Grand Desain Alternative Development) BNN. “Walaupun saya telah pensiun akan tetapi saya akan tetap bertanggung jawab dengan program tersebut,” tegasnya.

“Karena saya telah dinobatkan sebagai warga Gayo Lues maka hal itu telah menjadi tanggung jawab saya, berhubung karena kopi telah menjadi andalan komoditas dari Gayo Lues maka kita kembangkan tanaman kopi di Gayo Lues sebagai salah satu program GDAD,” sebutnya.

“Dengan penobatan ini berarti saya adalah perwakilan warga Gayo Lues di Jakarta, dari berbagai masukan dan informasi permasalahan yang ada di Gayo Lues maka saya mempunyai kewajiban untuk menyampaikan kepada Pemerintah Pusat,” janji Buwas.

Buwas berhrap dengan wujud nyata dan itikad baik, dirinya bersama masyarakat Gayo Lues dapat mengangkat harkat dan martabat ‘Negeri Seribu Hafidz’.

Hadir dalam penobatan tersebut, Ketua BNNP Aceh Brigjen Pol Drs Faizal, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto, Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Tgk. Djunaidi, Tokoh Masyarakat Agara H. Armen Desky, Tokoh Masyarakat Adat Batak Usman Tambunan, Ketua Perwakilan Gayo Musara Aceh Tenggara Tgk.H Kamta Razak, Bupati Aceh Tenggara Drs Raidin Pinem (Obama), Wakil Bupati Agara Buhari.

Hadir juga Anggota DPR RI H. Irmawan S.Sos MM, Ketua Tim Task Force Kab. Gayo Lues Prof DR. Abu Bakar Karim, Kapolres Gayo Lues AKBP Eka Surahman SIK, Dandim 0113 Letkol Inf. M Faizal Nasution, Wakil Bupati H. Said Sani, Ketua DPRK Gayo Lues H. Ali Husin dan seluruh unsur adat, ulama, SKPK dan Assisten Pemerintah Kabupaten Gayo Lues. (wol/ bus/data2)

Editor: M Agus Utama

Check Also

Jelang Puasa, Pasokan Beras Aman di Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Menjelang Bulan Suci Ramadhan, pasokan beras di wilayah Sumatera Utara dipastikan aman. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: