_
Home / Aceh / BNNK Gayo Lues: Wilayah GDAD Akan Jadi Ekowisata
WOL Photo/Bustanuddin

BNNK Gayo Lues: Wilayah GDAD Akan Jadi Ekowisata

BLANGKEJEREN, Waspada.co.id – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues berencana akan menjadikan wilayah yang masuk dalam program Grand Design Alternative Development (GDAD) sebagai ekowisata di Provinsi Aceh.

“Hasil akhirnya, program GDAD tersebut akan menjadikan kawasan ini sebagai ekowisata,” sebut Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman ST MSi, kepada Waspada Online, di sela acara Bimtek Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Swasta di Cafe Bur Jumpe, 3-4 Oktober lalu.

Disebutkan, program ini akan terlaksana jika wilayah-wilayah yang masuk program GDAD bisa swasembada, seperti Kampung Pepelah Kecamatan Pining, yang kini masuk program penanaman 500 hektar jagung dan Kecamatan Blangkejeren dengan pusat Resort Agusan dengan tanaman kopinya.

“Bila wilayah GDAD sudah swasembada, maka desa tersebut akan kita tingkatkan sebagai daerah ekowisata di Gayo Lues. Melalui program ini, nantinya wisatawan bisa langsung memetik dan membakar jagung di lokasi seraya menikmati panorama alam dan air terjunnya,” sebut Fauzul.

Demikian halnya Kampung Agusen Kecamatan Blangkejeren yang sudah memiliki arung jeram bertaraf internasional. Para wisatawan yang ingin menikmati Kopi Gayo atau membeli mentah untuk diolah sendiri bisa langsung memetik buahnya.

“Selain itu, kawasan GDAD ini kita pilih menjadi wilayah ekowisata di Gayo Lues guna meningkatkan pendapatan masyarakat. Hal ini juga masuk dalam visi misi Pemerintah Daerah (Pemda),  Insya Allah dengan dukungan pemerintah pusat dan daerah melalui program yang Islami, Mandiri dan Sejahtera, kita dapat capai tujuan,” tambahnya.

Sebagai Ka BNNK, Fauzul bertekad membangkitkan ekonomi dan kesejahteraaan masyarakat, karena GDAD ini diprogram oleh Pemerintah RI dan hanya ada di Provinsi Aceh. Fauzul menambahkan Kabupaten Gayo Lues sebagai pilot project.

“Program Ekowisata GDAD direncanakan tidak hanya di kedua kecamatan ini, tetapi seluruh kecamatan yang masuk program GDAD,  apalagi daerah yang potensi wisatanya bisa menarik wisatawan. BNNK akan terus sinergi dengan Pemkab Gayo Lues, Pemprov Aceh serta pusat,” pungkas Fauzul. (wol/bus/data1)

适适

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Hukuman Irwandi Yusuf Diperberat Jadi 8 Tahun Penjara di Tingkat Banding

  JAKARTA – Hakim Pengadilan Tinggi (PT) DKI memperberat hukuman Gubernur Aceh non-aktif, Irwandi Yusuf. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.