Breaking News
Home / Aceh / BKSDA Aceh Evakuasi Orangutan Masuk Kebun Sawit Warga
Petugas BKSDA dan SOCP Evakuasi Orangutan. (Foto: BKSDA Aceh)
Petugas BKSDA dan SOCP Evakuasi Orangutan. (Foto: BKSDA Aceh)

BKSDA Aceh Evakuasi Orangutan Masuk Kebun Sawit Warga

BLANGPIDIE, WOL – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh, kembali mengevakuasi seekor satwa liar dilindungi jenis Orangutan Sumatera atau Pongo Abelii yang memasuki areal perkebunan sawit warga di Desa Cot Sumantok, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, mengatakan Orangutan itu diketahui warga secara tak sengaja pada Kamis (10/8), dan kemudian melaporkannya kepada petugas Resort Konservasi Wilayah 8 Tapaktuan. Setelah dilakukan pemeriksaan, Orangutan jantan berusia 20 tahun ini dinyatakan sehat.

“BKSDA bekerjasama dengan Tim Sumatran Orangutan Conservation Project (SOCP) Yayasan Ekosistem Lestari melakukan pengevakuasian. Selanjutnya dilakukan realease di pusat Reintroduksi Orangutan Sumatera di Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Monitoring di Jantho juga dilakukan secara rutin oleh petugas Resort dan SOCP,” ujar Sapto, Jumat (11/8).

Pekan lalu, BKSDA juga berhasil menyita Orangutan Sumatera berusia enam tahun dari tangan warga yang dipelihara di Desa Paya Keutapang, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur. Pemilik Orangutan berinisial MR (37) mengaku telah mengurungnya selama dua tahun.

“Penyitaan tersebut dilakukan tim BKSDA Aceh bersama Tim Orangutan Information Center (OIC). Saat dilakukan penyitaan orangutan itu dalam kondisi memprihatinkan karena selama dipelihara terus menerus dirantai. Tim yang dipimpin Suparman, Polhut Resort KSDA Langsa, harus berjalan kaki sejauh 5 km di bawah guyuran hujan dan jalanan berlumpur untuk dapat mencapai lokasi,” ujar Sapto.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

AP

Israel Serang Kelompok Hamas Gaza

GAZA, WOL – Israel melancarkan serangkaian serangan udara dengan target kelompok Hamas di Gaza pada ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.