_
Home / Aceh / BKPSDM Gayo Lues Bantah Ada Pengutipan Dana Latsar CPNS
Kabid Pengembangan Aparatur BKPSDM, Kabupaten Gayo Lues, Wagimin SE MM. (WOL Photo/Bustanuddin)

BKPSDM Gayo Lues Bantah Ada Pengutipan Dana Latsar CPNS

BLANGKEJEREN, Waspada.co.id – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gayo Lues, Sartika Mayasari SSTP, membantah adanya pengutipan dana untuk Pelatihan Dasar (Latsar Prajabatan) di kalangan CPNS yang baru direkrut pada akhir Tahun 2018 lalu, hal ini dikatakannya menjawab Waspada Online, Senin (21/10) di Blangkejeren.

Bantahan tersebut menindaklanjuti laporan dari CPNS Gayo Lues yang diterima Redaksi Waspada Online melalui Instagram @waspadaonline, Rabu (17/10) lalu, yang mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Gayo lues melalui BKPSDM, telah melakukan pengutipan dana sebesar Rp5 juta bagi setiap PNS yang akan mengikuti Latsar tahun 2019.

Sartika Mayasari SSTP didampingi Kabid Pengembangan Aparatur, Wagimin SE MM, kepada Waspada Online menyatakan tidak ada pengutipan dana, yang ada dari hasil kesepakatan dengan 205 CPNS yang diwakili oleh 8 orang perwakilan setiap formasi akan mengikuti Latsar tersebut telah sepakat untuk memberikan talangan kekurangan dana. “Dan akan diganti pada anggaran tahun 2020 melalui DPA BKPSDM Kabupaten Gayo Lues, hal ini juga sudah disepakati bersama,” sebut Sartika.

Karena proses kelulusan CPNS tersebut terjadi pada awal Januari 2019 lalu, ketika diajukan anggaran tidak dapat masuk pada tahun 2019 sepenuhnya, hanya separuh yakni 50%, yang dapat ditampung APBD Gayo lues dari jumlah dana yang dibutuhkan, dan sisanya hanya dapat diajukan untuk tahun 2020.

“Sementara pelaksanaan Latsar harus segera dilakukan pada tahun 2019, dan saat ini anggaran tambahan kekurangan biaya Latsar sudah disetujui Pemkab Gayo Lues untuk tahun anggaran 2020, sesuai standar LAN (Lembaga Administrasi Negara),” sebut Wagimin.

Wagimin juga menyebutkan, pelaksanaan Latsar tersebut akan segera dilaksanakan pada tahun 2019 ini, karena pada bulan Maret 2020 proses sertifikat CPNS mereka harus 100% , jika tidak akan batal sebagai PNS. Dan harus dengan anggaran yang penuh sesuai standar LAN yaitu Rp9.296.000/PNS. “Sementara dana yang tersedia dari APBD Perubahan Gayo Lues hanya separuhnya, dan separunya lagi ditalangi oleh peserta PNS dan dana mereka tersebut akan digantikan pada tahun 2020,” tambah Wagimin.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan 205 CPNS tersebut, kepada peserta sudah dipertanyakan apakah pelaksanaan Latsar tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2020, namun semua peserta menyepakati harus dilaksanakan pada tahun 2019, sementara pihak panitia tidak akan melaksanakan Latsar jika anggaran tidak 100%. “Diambil kesepakatan sisa dana 50% tersebut ditalangi oleh mereka, dan sisanya sudah disetujui oleh Pemkab Gayo Lues dan DPRK untuk di anggarkan melalui APBK TA. 2020,” sebutnya.

Dikatakan, panitia dalam hal ini BKPSDM Gayo Lues tidak mau ambil resiko untuk melakukan pengutipan dana kepada para peserta Latsar tersebut. “Kita sudah tau peraturannya dan kami tidak mau bermasalah dengan hukum, dan hasil kesepakatan tersebut sudah kami edarkan melalui perwakilan masing-masing. Mungkin ada yang belum mendapat informasi, maka melalui pemberitaan ini diharapkan tidak ada lagi isu pengutipan dana ilegal,” pungkas Wagimin. (wol/bus/data2)

Editor: M. Agus Utama

适适

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.