Breaking News
Home / Aceh / Bimtek Geuchik Raup ADD Diperkirakan Hingga Miliaran Rupiah, Apa yang Dibahas?
WOL Photo/Chairul Sya'ban
WOL Photo/Chairul Sya'ban

Bimtek Geuchik Raup ADD Diperkirakan Hingga Miliaran Rupiah, Apa yang Dibahas?

MEDAN, WOL – Dua ratusan Geuchik (Kepala Desa) se-Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara beserta aparaturnya mengikuti Bimbingan Teknis “Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa” di Lantai II Grand Kanaya Hotel, Kota Medan, Sumatera Utara.

Bimtek yang menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) diperkirakan hingga miliaran rupiah itu digelar oleh Lembaga Kajian Manajemen Pembangunan (LKMP) sejak 18-21 Oktober 2017. Materi yang disampaikan oleh pemateri juga beragam, termasuk dari Kejaksaan Negeri Lhoksukon dan Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh Utara.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kecamatan Lhoksukon, Samsul Bahri SSos, mengatakan aparatur gampong asal Kecamatan Lhoksukon yang dilibatkan dalam Bimtek masing-masing Geuchik, Sekretaris Desa, Bendahara, Tuha Peut, Kepala Dusun, dan Kaur. Para aparatur ini berangkat dari Lhoksukon sejak Rabu (18/10).

“Dari total 75 desa di kecamatan Lhoksukon, hanya 5 desa yang tidak ikut, yaitu; Desa Beuringen LB, Teungoh LB, Blang Matang Ubi, Buket Seuntang,dan Desa Alue Buket,” kata Samsul, Kasi PMD Kecamatan Lhoksukon, Minggu (22/10).

Bimtek tersebut turut dihadiri Muspika Lhoksukon yaitu Camat Saifuddin, Kapolsek AKP Teguh Yano Budi, dan Danramil, Kapten Inf Nurdi H, pada saat pembukaan acara. Dalam hal ini, Camat Lhoksukon mengajak Pemerintahan Desa untuk saling bangun membangun demi memakmurkan desanya masing-masing.

Bimtek-Kuras-Dana-Desa-2

Adapun materi yang disampaikan diantaranya Pendirian Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Pengadaan Barang / Jasa oleh Abdullah, perwakilan BPM Aceh Utara, Kewajiban Perpajakan oleh Rista, dan penyampaian materi.

Koordinator LKMP, Fahmi saat dikonfirmasi Waspada Online, mengatakan selain untuk Kecamatan Lhoksukon, pihaknya juga telah memberikan bimbingan yang sama kepada aparatur Desa se-Kecamatan Tanah Luas, Nisam, dan Kecamatan Samudera. Kegiatan ini pun menguras ADD 2017 sejumlah Rp4,5 juta per desanya. (wol/chai)

Editor: Agus Utama

Check Also

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Kapolri Bakal Pecat Anak Buahnya yang ‘Cawe-Cawe’ Penyelewengan Dana Desa

  JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan, akan memberikan sangsi tegas apabila anak buahnya ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.