Home / Aceh / Bermodal Voucher, Warga Miskin Bisa Belanja Gratis di Aceh Utara
WOL Photo

Bermodal Voucher, Warga Miskin Bisa Belanja Gratis di Aceh Utara

LHOKSUKON,WOL – Beberapa bulan kedepan masyarakat khususnya di Kabupaten Aceh Utara yang terdaftar bantuan Beras Sejahtera (Rastra) tidak lagi menerima bantuan tersebut secara langsung. Namun, akan diberikan kartu dari Bank berbentuk Voucher belanja yang berlaku di E-Warung. Nantinya warung-warung tersebut akan ada disetiap Kecamatan dan diberitahukan oleh Dinas Terkait.

Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib atau Cek Mad, mengatakan berdasarkan data untuk tahun 2018 ini Aceh Utara mendapatkan bantuan sosial Rastra untuk sejumlah 53.575 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan jumlah bantuan hanya 10 Kilogram untuk setiap KPM. Tahun ini pula, Pemerintah mengalokasikan Rastra sejumlah 6.429 Ton untuk keluarga miskin yang ada di Aceh Utara.

“Rastra ini diperoleh gratis, tanpa harus membayar biaya tebus atau tidak akan dipungut biaya dan embel-embel uang tebus lainnya. Kartu dari Bank berisikan Voucher belanja yang berlaku di E-Warung, maka penerima bantuan program Rastra ini bisa belanja di E-Warung tidak menggunakan uang dan hanya menggunakan kartu Voucher,” kata Cek Mad.

Hal itu disampaikan disela-sela penyerahan bantuan Rastra secara simbolis kepada 10 KPM dalam program penanggulangan kemiskinan yang berlangsung di Balai Panglateh Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (23/01). Kucuran bantuan sosial untuk masyarakat miskin merupakan program yang dijalankan oleh Kementerian Sosial RI secara berkelanjutan.

Pembagian Rastra juga merupakan amanat dalam UUD 1945, dimana fakir miskin dipelihara oleh negara. Pada program kali ini juga terdapat perubahan, baik dari nama Beras Miskin menjadi Beras Sejahtera, dan setiap KPM kali ini hanya mendapatkan 10 Kilogram dari sebelumnya mendapatkan 15 Kilogram setiap KPM.

“Jika selama ini Bapak/Ibu menerima bantuan berupa beras yang langsung dihantar oleh Bulog ke Kecamatan-Kecamatan, maka untuk beberapa bulan kedepan tidak lagi menerima langsung. Akan tetapi diganti dalam bentuk Voucher uang yang terkoneksi dengan rekening Bank,” jelas Cek Mad.

Disebutkan, bantuan Sosial Rastra ini merupakan upaya Pemerintah dalam menetapkan kebijakan Transformasi program Subsidi Raskin menjadi Program bantuan sosial pangan. Kemiskinan juga masih merupakan tantangan besar dalam pembangunan di Aceh Utara dan angkanya masih begitu tinggi melebihi 15 persen dari jumlah Penduduk.(wol/chai/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Satgas Pangan Belum Ada Temukan Penimbunan Beras di Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Satgas Pangan Sumatera Utara, sampai saat ini belum menemukan penimbunan beras ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: