Home / Aceh / BBI Blangkejeren Terima 24 Ton Pakan Ikan Dari Provinsi Aceh
20 Kelompok Tani saat menerima bantuan pakan ikan yang bersumber dari dana DOKA Provinsi Aceh Tahun 2018, yang diserahkan Kasie Perikanan Air Tawar, Ismael Ganti SPi di BBI Linto, Kecamatan Blangkejeren, Selasa (9/10). (WOL Photo/Bustanudin)

BBI Blangkejeren Terima 24 Ton Pakan Ikan Dari Provinsi Aceh

BLANGKEJEREN, Waspada.co.id – Setelah terlambat beberapa waktu lalu, akhirnya BBI Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues menerima sekira 24 ton pakan Ikan Nila dan Ikan Mas yang bersumber dari Dana DOKA Provinsi Aceh Tahun 2018, senilai Rp470 juta.

Sebelumnya sempat diberitakan dugaan tidak disalurkannya sejumlah pakan ikan tersebut. Menanggapi hal ini, Kontraktor Pengadaan Pakan tersebut, Muhammad Fauzan, selaku Direktur CV Famuda & Partner kepada Waspada Online, Rabu (3/10) lalu menyebutkan, terlambatnya proyek pengadaan pakan ikan tersebut disebabkan karena spek yang diminta Dinas Perikanan Provinsi Aceh tidak terpenuhi. “Berhubung karena stok di pabrik habis,” jelasnya.

Namun pihaknya meminta kepada instansi terkait secara resmi agar bisa mengganti dengan spek yang sudah ada saat ini yaitu FF 999, S99-3, dan Ruby- HG, tanpa mengurang nilai protein dari pakan tersebut, sesuai dengan spek sebelumnya.

Sementara, Kadis Perikanan Kabupaten Gayo Lues melalui Kabid Perikanan Air Tawar, Abdul Gani SPi, Selasa (9/10), menyebutkan pihaknya telah menerima 24 ton pakan ikan tersebut dengan keadaan lengkap dan baik sesuai dengan dokumen PHO, dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Aceh, di pasar induk BBI Linto Desa Bustanussalam, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues.

Selanjutnya, Dinas Perikanan Kabupaten Gayo Lues selaku penerima pakan ikan tersebut langsung menyerahkan kepada 20 kelompok tani masing-masing satu ton lebih per-kelompok tani.

“Untuk pakan ikan yang kita serahkan kepada masyarakat melalui kelompok tani merupakan bantuan dari provinsi sebanyak 24.160 kg yang bersumber dari dana DOKA Provinsi Aceh,” jelas Abdul Gani.

Kemudian, Rajali selaku PPTK dari Provinsi Aceh, kepada Waspada Online mengatakan, pakan ikan yang diserahkan itu mulai dari pakan ikan kecil dan ikan sedang. “Diharapkan dapat dipakai petani mulai dari sekarang sampai ikan tersebut dapat dipanen,” jelasnya.

Rajali juga mengharapkan, dengan adanya bantuan kepada kelompok tani yang menerima pakan ikan yang disalurkan itu kusus untuk petani budi daya ikan. “Baik Ikan Mas maupun Ikan Nila, sehingga nantinya masyarakat Gayo Lues bisa menghasilkan produksi Ikan Nila dan Ikan Mas yang baik dan berkualitas,” sebutnya. (wol/bus/data1)
Editor: M Agus Utama

Check Also

2 Kelompok Tani Terima 30 Ribu Bibit Lele dan 20 Ekor Kambing

LHOKSUKON, WOL – Sejumlah 30 ribu ekor bibit ikan lele jenis Sangkuriang dan 20 ekor ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: