_
Home / Aceh / Bappeda Gayo Lues Luruskan Persoalan Dana Penyusunan DED Kawasan Gang Tengah Blangkejeren
WOL Photo/Bustanuddin

Bappeda Gayo Lues Luruskan Persoalan Dana Penyusunan DED Kawasan Gang Tengah Blangkejeren

BLANGKEJEREN, Waspada.co.id – Bappeda Gayo Lues meluruskan pemberitaan terkait persoalan Belanja Penyusunan Dokumen Detail Engineering Design (DED) dan Perencanaan Penataan Kawasan Gang Tengah dengan nilai pagu Rp1 miliar Tahun Anggaran 2018, yang dituding dan diduga berbau korupsi oleh Ormas LAKI dan tudingan tersebut diterbitkan oleh salah satu media lokal di Gayo Lues, beberapa waktu lalu.

Hal ini dijelaskan Kepala Bappeda Gayo Lues Drh. Ibnu Hafit bersama Ketua Tim Investigasi Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) DPC Gayo Lues, Bursli kepada Waspada Online Senin (11/2) di Blangkejeren.

Menurut Ibnu Hafit, dalam keterangannya menyebutkan, hasil Investigasi Ormas LAKI tersebut tidak benar sama sekali. “Karena mereka sebelumnya, tidak melakukan chek n richek ke Bappeda Gayo Lues,” sebutnya.

Menurutnya, penggunaan dana tersebut cukup transparan dan akuntabel, semua ada penjelasan dan penggunaan secara detail, melalui Anggaran Tahun 2018 di Bappeda Gayo Lues. “Penggunaannya melalui tender di LPSE dan dimenangkan oleh rekanan secara benar dan sesuai dokumen lelang, dengan hasil penawaran 27,3% berkurang dari nilai pagu,” sebutnya.

Untuk itu pihaknya meminta Ormas LAKI agar menjelaskan kepada publik setelah dokumen penggunaan dana penyusunan dan penataan DED Gang Tengah tersebut diperlihatkan kepada mereka agar tidak terjadi salah pemaham di masyarakat.

“Dan dalam penyelesaian pekerjaan tersebut, kami tetap melibatkan masyarakat kawasan Gang Tengah, dalam menentukan desain bangunan yang akan direncanakan. Hal ini kami lakukan sampai beberapa kali, sebagai bentuk keterbukaan terhadap masyarakat,” jelasnya.

Sementara, Ketua Investigasi Ormas LAKI DPC Gayo Lues, Bursli, membenarkan hal tersebut, kepada Waspada Online Senin (11/2). Dia juga menyatakan sudah bertemu Kepala Bappeda Gayo Lues dan mendapat penjelasan serta melihat langsung dokumen DED Penataan Kawasan Gang Tengah yang akan dijadikan Pusat Kota Blangkejeren.

Bursli mengakui, penyusunan DED tersebut sudah benar berdasarkan dokumen pelelangan dan di menangkan oleh rekanan dan telah sesuai dengan proses pelelangan. (wol/bus/data1)

Editor: Agus Utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.