Home / Aceh / Banjir Kembali Menerjang Aceh Utara
WOL Photo/Chairul Sya'ban
WOL Photo/Chairul Sya'ban

Banjir Kembali Menerjang Aceh Utara

LHOKSUKON, WOL – Sejumlah desa di Kecamatan Lhoksukon, Matangkuli dan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, kembali dilanda bencana banjir. Warga melaporkan, banjir mulai memasuki pemukiman sejak Rabu (3/1) dini hari akibat curah hujan yang begitu tinggi sejak tiga hari ini.

Pantauan Waspada Online di lokasi, ketinggian debit air bervariasi mulai dari 30 centimeter hingga satu meter di tempat terendah, warga pun mulai mendirikan dapur umum. Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto, turut melakukan pemantauan secara langsung di lokasi banjir.

“Inikan banjir tahunan, dan hari ini terpantau banjir merendam Pirak Timu, Matangkuli, dan sebagian desa kawasan sektor di dalam kecamatan Lhoksukon. Banjir ini juga akibat hujan lebat di Bener Meriah maupun Aceh Tengah,” ujarnya disela-sela memantau banjir di Matangkuli, saat ditanya Waspada Online.

Sementara itu Camat Matangkuli, Zulkifli, kepada Waspada Online menyebutkan bahwa banjir mulai meluas meski belum terpantau yang terparah, kecuali di titik-titik dataran rendah. “Tercatat sejumlah 21 desa yang terendam banjir, kami masih terus memantau kondisi banjir karena ini mulai meluas,” terang dia.

Camat Pirak Timu, Ismohar, kepada Waspada Online, mengatakan banjir merendam sedikitnya di delapan desa yang merupakan luapan debit air sungai Krueng Pirak dan Krueng Kreutoe. Masing-masing Desa Alue Bungkoh, Trieng Krueng Kreh, Rayeuk Pange, Bungong, Meunasah Geulumpang, Meunasah Krueng, Beuracan Rata dan Asan Krueng Kreh.

“Ketinggian air rata-rata di desa tersebut pada saat ini di perkirakan lebih kurang 40 cm menggenangi perkarangan rumah warga dan areal persawahan. Untuk sementara masyarakat masih bertahan dirumah dan blm ada yang mengungsi. Sampai saat ini kita terus berkordinasi dan memantau perkembangan di lapangan,” tukas Ismohar. (wol/chai)

Editor: Agus Utama

Check Also

WOL Photo/Chairul Sya'ban

Banjir Aceh Utara Hingga ke Desa-desa Dataran Rendah

LHOKSUKON, WOL – Bencana banjir hingga Kamis sore (4/1), masih merendam sejumlah desa di beberapa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.