Home / Aceh / Banjir Kembali Kepung Aceh Utara
WOL Photo/Chairul sya'ban

Banjir Kembali Kepung Aceh Utara

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Banjir kembali menerjang puluhan desa di tiga kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara. Sejumlah warga hingga sore juga mulai mengungsi ke dataran tinggi.

Adapun ketiga kecamatan dilanda banjir yaitu meliputi sejumlah desa di Kecamatan Tanah Luas, Kecamatan Pirak Timu, dan Kecamatan Matangkuli. Banjir turut merendam ruas jalan eks ExxonMobil Oil di Desa Rayeuk Kuta, Tanah Luas.

Lagi-lagi banjir ini merupakan imbas dari hujan lebat yang mengguyur dataran tinggi Gayo di Kabupaten Bener Meriah termasuk Aceh Utara sendiri sejak Selasa (16/10). Banjir mulai membangunkan warga sejak Rabu (17/10) jelang subuh, warga pun mulai menyelamatkan diri saat itu.

WOL Photo/Chairul sya’ban

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Munawar H. Ibrahim, kepada Waspada Online, mengatakan ketinggian air bervariasi dan paling tinggi hampir mencapai 1,5 meter. Jika hujan masih mengguyur Bener Meriah, pihaknya memprediksi bahwa banjir akan meningkat dan meluas.

Pihaknya dalam hal ini turut menurunkan boat mesin guna mengevakuasi warga yang terjebak banjir mengingat debit air hingga Rabu sore terus meningkat. “Kami lakukan evakuasi sore ini dan diantaranya ada warga yang baru melahirkan,” ujar Munawar ditemui Waspada Online di salah satu titik terparah dampak banjir.

Pihaknya juga akan terus memantau perkembangan debit air di lapangan hingga banjir surut.

“Ini imbas hujan lebat yang mengguyur daerah kita dan kawasan Bener Meriah. Hingga Rabu sore debit air meningkat dan meluas, namun di Bener Meriah kabar saya terima hujan sudah reda,” tukas Munawar.

Pantauan Waspada Online di lokasi, sejumlah pihak turut memantau kondisi banjir tersebut, diantaranya Personel BPBD dan SAR Aceh Utara, TNI Polri setempat, TAGANA, Personel Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), dan TRC PSM IPSM Aceh Utara.

Sementara informasi secara singkat yang diperoleh Waspada Online, hingga Rabu malam banjir mulai surut secara perlahan di sebagian titik. Namun, warga juga diimbau untuk menyelamatkan diri jika banjir parah.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapolsek Besitang Selamatkan Bayi Dari Banjir

LANGKAT, Waspada.co.id – Polsek Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatrea Utara, mengevakuasi warga terdampak banjir terutama di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: