_
Home / Aceh / Banjir Bandang Hantam 4 Kecamatan di Gayo Lues, Puluhan Rumah Hanyut
(WOL Photo/Bustanuddin)

Banjir Bandang Hantam 4 Kecamatan di Gayo Lues, Puluhan Rumah Hanyut

BLANGKEJEREN, Waspada.co.id – Akibat curah hujan yang cukup tinggi melanda Dataran Tinggi Gayo Lues, sejak Kamis (13/12) sekira pukul 22.00 WIB, mengakibatkan 4 kecamatan di wilayah itu serentak dihantam banjir bandang akibat meluapnya dua sungai besar yaitu Sungai Kuala Tripa dan Kali Alas yang berhulu di Agusen, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun Waspada Online, Jum’at (14/12) dari berbagai sumber menyebutkan, daerah yang paling parah di hantam banjir banjir bandang adalah Kecamatan Putri Betung yang meliputi Desa Tumpang Lempuh, Marpunge, Siongal-ongal. Dan selebihnya di Kecamatan Sabun Gelang, Kecamatan Rikit Gaib dan Kecamatan Tripel Jaya.

Dari laporan Kamtibmas Desa Marpunge, Kecamatan Putri Betung kepada Waspada Online Jum’at (14/12) di Desa Tetumpun, puluhan rumah warga diterjang derasnya air sungai yang membuat warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Ganasnya luapan Sungai Kali Alas ini juga mengakibatkan jembatan gantung yang ada di desa Marpunge terputus, sehingga menghambat akses ke kampung Marpunge seberang.

Selain itu beberapa jembatan lainnya yang diterjang banjir antara lain, jembatan di Desa Pintu Gayo, jembatan yang ada di Desa Siongal-ongal dan jembatan di Desa Ramung Musara dikabarkan juga ikut diterjang ganasnya air sungai ini.

Selain itu, ganasnya air sungai juga ikut memporak-porandakan Mushola Kampung Marpunge Pekan, yang membuat hampir semua isi mushola ikut dibawa air dan Pondok Pesantren Safinatussalamah yang ada di Marpunge juga ikut tergenang air.

Sementara, itu Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru yang dikonfirmasi Waspada Online, Jum’at (14/12) via WA, mengatakan beberapa lokasi banjir masih sempat di pantau pada pagi tadi, sebelum dirinya berangkat ke Banda Aceh dalam rangka menghadiri kunjungan Presiden RI Joko Widodo. Menurutnya, selesai acara tersebut pada malam ini akan bergerak balik ke Gayo Lues.

“Untuk penanggulangan sementara BPBD dan Dinas Sosial sudah turun ke berbagai titik lokasi banjir, dengan membawa perlengkapan penanggulangan bencana dan mendata para korban, serta mengerahkan alat berat ke lokasi tersebut,” sebut Bupati.

Hingga berita ini diturunkan belum di peroleh kepastian jumlah korban jiwa dan rumah warga di Kabupaten Gayo Lues yang rusak parah maupun hanyut terkena banjir bandang tersebut, dan kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. (wol/bus/data1)
Editor: Agus Utama

Check Also

Pemda Gayo Lues Canangkan Imunisasi Rubella

GAYO LUES, Waspada.co.id – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues bersama Dinas Kesehatan mulai mencanangkan dan sosialisasi imunisasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: