Home / Aceh / Banjir, 15 Ribu Warga Aceh Utara Mengungsi
WOL Photo/Chairul sya'ban
WOL Photo/Chairul sya'ban

Banjir, 15 Ribu Warga Aceh Utara Mengungsi

LHOKSUKON, WOL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, mencatat hingga hari ini jumlah pengungsi mencapai 15 ribu warga dari beberapa kecamatan akibat dilanda bencana banjir sejak, Sabtu (02/12).

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Munawar, mengatakan banjir masih menggenangi desa-desa di Kecamatan Lhoksukon, Matangkuli, Pirak Timur, Baktiya, Langkahan, dan Baktiya Barat.

“Berdasarkan catatan kami peroleh dari masing-masing Camat yang wilayahnya kebanjiran, hingga sore ini sudah ada 51 titik pengungsian. Debit air saat ini juga masih bertambah, sebagian ada yang sudah turun,” ujar Munawar menjawab Waspada Online, Senin (04/12) malam.

Pihaknya terus memantau perkembangan di lapangan dan mengerahkan sejumlah boat bermesin untuk mengevakuasi warga yang terkurung banjir. Pantauan Waspada Online, banjir masih merendam lintas nasional Banda Aceh-Medan dan melumpuhkan akses menuju Lhoksukon-Cot Girek.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Ir Untung Sangaji, mengatakan pihaknya terus melakukam monitoring situasi banjir khususnya di wilayah hukum Polsek Lhoksukon. Dari catatan pihaknya, tercatat sejumlah 69 desa dari 76 desa di Kecamatan Lhoksukon hingga kini terendam banjir.

“Jumlah total Desa di wilayah hukum Polsek Lhoksukon yang terkena musibah banjir akibat luapan air sungai Krueng Keurtoe dan hujan deras turun secara terus -terusan berjumlah 69 desa di empat pemukiman Lhoksukon. Ketinggian air rata-rata 40 cm s/d 1,5 meter untuk saat sekarang ini air sedang naik,” ujar Kapolres melalui Kapolsek Lhoksukon, AKP Teguh Yano Budi.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

AP

Israel Serang Kelompok Hamas Gaza

GAZA, WOL – Israel melancarkan serangkaian serangan udara dengan target kelompok Hamas di Gaza pada ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.