Home / Aceh / AS Sumbang Dana 3 Juta Dollar Untuk Pengungsi Rohingya di Aceh
WOL Photo

AS Sumbang Dana 3 Juta Dollar Untuk Pengungsi Rohingya di Aceh

LHOKSUKON, WOL – Rombongan Pemerintah Amerika Serikat mengunjungi barak pengungsian muslim Rohingya Myanmar di Desa Kuala Cangkoy, Lapang, Aceh Utara yang dipimpin Asisten Khusus Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Anne Richard, Selasa (2/6).

Dalam hal ini Anne Richard menyatakan bahwa AS telah memberikan $3 Juta Dollar untuk segala kebutuhan para pengungsi Rohingya di Aceh melalui pihak International Organization for Migration (IOM).

“Pihak IOM telah mengajukan bantuan dana sebesar lebih kurang $ 26 Juta Dollar kepada Pemerintah AS untuk kebutuhan pengungsi Rohingya. Akan tetapi pemerintah Amerika hanya memberikan $ 3 Juta Dolar,” kata Anne Richard dalam konferensi Pers dengan wartawan di lokasi pengungsian.

AS kata Anne, merupakan pelopor utama dalam membantu negara atau organisasi yang menangani masalah para pengungsi yang ada di seluruh negara.

Pihaknya juga telah mengajukan permohonan izin dalam bentuk sarana dan prasana seperti pesawat militer Amerika yang bertujuan mencari para pengungsi yang masih terdampar di perairan wilayah Negara Indonesia.

Pemerintah Amerika Serikat akan mendukung penuh, segala kebijakkan dan langkah-langkah dari pemerintah Indonesia dalam membantu para pengungsi Ronghya yg berada di seluruh Provinsi Aceh.

Tak hanya itu, AS juga akan memberikan bantuan secara penuh kepada pemerintah Indonesia baik dalam bentuk logistik, material dan lain-lain untuk menangani kebutuhan para pengungsi Rohingya.

Bahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak IOM dan UNHCR agar mencari solusi dalam mengatasi krisis pengungsi Rohingya khususnya yang berada di negara Malaysia dan Indonesia. “Saya juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian rakyat Aceh yang telah menyelamatkan mereka yang semula terdampar di lautan,” ucapnya.

Kunjungan Anne Richard juga ditemani Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert O Blake JR. Kedatangan Dubes As tersebut yaitu sebagai bentuk keprihatinan masyarakat Internasional khususnya AS terhadap nasib para pengungsi rohingya.

Selain Anne Richard dan Robert O Blake JR, pada rombongan AS juga turut hadir Konsulat AS Robert Ewing, Kepala Humas John Johnson, Staf ahli Wakil Menteri Jesicca, Staf ahli Hanny Ho. Pejabat politik AS masing-masing Morgan Hal, Kol Kirt Stalings. Sedangkan Pejabat Pacom AS adalah Mike Mints, dan Chad Brink. Sementara Staf ahli bidang politik dan ekonomi AS yaitu Rahma Jaurinata.

Sementara rombongan dari pejabat Pemerintahan Aceh yang ikut mendampingi yaitu Wali Nanggroe Malik Mahmud Al-Haytar, Wagub Aceh Muzakir Manaf atau Muallem, Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib, Bupati Bieureun Ruslan M Daud, Wakil Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat/Aceh Tgk Darwis Jeunib, Ketua KPA/PA Pase Tgk Zulkarnaini bin Hamzah, Ketua DPRK Aceh Utara Ismail A Jalil.

Kemudian petinggi TNI dan Kepolisian masing-masing Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Rosandriyanto, Kapolres Aceh Utara AKBP Achmadi. (wol/rls/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Banjir Kembali Kepung Aceh Utara

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Banjir kembali menerjang puluhan desa di tiga kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: