_
Home / Aceh / Anggaran Tak Cukup, Aceh Utara Ajukan Pinjaman Rp73 M
Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib atau Cek Mad Saat Pertemuan Dengan Departemen Keuangan di Jakarta, Selasa (1/3). (foto : Istimewa)

Anggaran Tak Cukup, Aceh Utara Ajukan Pinjaman Rp73 M

LHOKSUKON, WOL – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengajukan pinjaman anggaran kepada Departemen Keuangan. Pasalnya, setelah pengesahan APBK 2016, Aceh Utara tidak mencukupi anggaran senilai Rp110 miliar.

Menurut Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib, setelah dilakukan evaluasi terhadap APBK 2016 itu, sejumlah program yang telah diajukan oleh eksekutif dan legislatif ternyata ada anggaran yang tidak mencukupi Rp110 miliar tersebut dari anggaran yang disahkan senilai Rp2,2 triliun lebih.

Maka sebagai jalan keluarnya untuk mencukupi anggaran program yang sudah diajukan oleh eksekutif dan legislatif adalah dengan harus diajukan pinjaman. Orang nomor satu di Aceh Utara yang akrab disapa Cek Mad ini bahkan sudah melakukan pertemuan dengan Departemen Keuangan di Jakarta, Selasa (1/3).

Melalui keterangan tertulisnya kepada Waspada Online, Cek Mad mengaku bahwa langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh Utara adalah untuk kepentingan masyarakat agar program yang telah diajukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) bisa terlaksana sesuai harapan masyarakat.

“Pemerintah Aceh Utara mengajukan pinjaman senilai Rp73 miliar, dengan catatan dana itu tidak boleh digunakan untuk program dana hibah. Dirjen Keuangan sudah mengiyakan, tapi ada sejumlah dokumen yang harus diperbaiki setelah itu diajukan kembali,” tulis Cek Mad, Rabu (2/3) malam.

Dalam aturan, sambungnya, apabila provinsi atau kabupaten dan kota tidak mencukupi anggaran maka dibenarkan untuk mengajukan pinjaman kepada Departemen Keuangan.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Waspada! Gunung Anak Krakatau Meletus 407 Kali Dalam Sehari

JAKARTA, Waspada.co.id – Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung mengalami 407 kali kegempaan letusan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.