_
Home / Aceh / Aminullah Bicara Strategi Pemasaran di Hadapan Pelaku UMKM
FOTO Ist

Aminullah Bicara Strategi Pemasaran di Hadapan Pelaku UMKM

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyampaikan ulasan seputar strategi pemasaran kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam acara Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk Usaha, Rabu (11/9/2019) di Aula lantai IV gedung Mawardy Nurdin, Balai Kota.

Bekerjasama dengan Grameen Replica, acara yang digelar PT Bank Aceh Syariah Kantor Pusat Operasional (KPO) itu diikuti oleh 50 peserta. Para peserta ini sendiri terdiri dari pengusaha kelas menengah dan pelaku UMKM binaan Bank Aceh Syariah (nasabah Bank Aceh Syariah).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag), M Nurdin, Kepala Bank Aceh Syariah KPO, Fadhil Ilyas, Ketua Grameen Replica Aceh, Amri bin Abdullah, Supervisor divisi general marchendising Indomaret Medan, Antoni Markus Saputra dan beserta masing-masing jajarannya.

Dalam diskusi bersama para peserta, Wali Kota Aminullah menyampaikan bahwa persoalan yang selama ini menjadi kendala bagi para pengusaha UMKM tersebut adalah dari segi pemasaran.

“Untuk permasalahan pemodalan kita punya solusi, yaitu dengan adanya Bank Aceh Syariah. Bagi kelas menengah kebawah juga Pemko Banda Aceh sediakan LKMS Mahirah Mualaf Syariah, namun masalah yg terbesar adalah pemasaran,” ungkap Aminullah.

Untuk itu pemerintah kota, sebutnya, merancang berbagai upaya dan solusi dengan menjadikan 1000 event pada tahun 2020 nanti.

“Dengan banyaknya event maka semakin besar peluang untuk menghidupkan UMKM. Karena disetiap acara yang digelar akan menciptakan peluang untuk promosi produk kita,” terang mantan dirut Bank Aceh Syariah tahun dua periode itu.

Disamping itu, Aminullah mengatakan bahwa kegiatan ini selaras dengan misi Banda Aceh dalam menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

Kemudian ia juga menjelaskan bahwa dalam mendukung pemasaran UMKM ini, Pemko juga punya solusi lainnya, yakni dengan menggenjot sektor wisata dan juga mendatangkan investor ke Banda Aceh.

“Seperti halnya kemacetan yang terjadi sepanjang jalan di kota, dalam satu sisi, itu pertanda ekonomi yg semakin membaik. Wisatawan semakin ramai, bayangkan seberapa banyak uang yang mereka belanjakan di sini,” kata Aminullah.

Dalam memperluas capaian pemasaran UMKM di Banda Aceh, Wali Kota juga menyebutkan, akan memperbanyak ruang publik seperti Car Free Day, revitalisasi lokasi wisata Ulee Lheue dan Krueng Daroy.

Atas terselenggaranya kegiatan itu pun, Aminullah menyampaikan apresiasi dan terimakasihnua kepada pihak Bank Aceh Syariah KPO. Ia berharap agar kedepannya terus digelar acara pelatihan seperti ini.

“Semoga semua peserta memetik ilmu yang bisa dimanfaatkan dalam bidang usahanya,” ucap Aminullah sambil menutup secara remi acara pelatihan tersebut. (bandaacehkota/ags/data2)

Check Also

Pencanangan Punge Blang Cut dan Jaya Baru Sebagai Gampong dan Kecamatan Layak Anak

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mencanangkan Gampong Punge Blang Cut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.