Home / Aceh / Ada Temuan Aktivitas Illegal Logging di Tiga Kabupaten Aceh
WOL Photo/Chairul Sya'ban

Ada Temuan Aktivitas Illegal Logging di Tiga Kabupaten Aceh

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Deforestasi di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Provinsi Aceh terus menerus terjadi, untuk periode Januari – Juni 2018 terdapat sejumlah 3.290 Ha. Angka tersebut terkuak dalam konferensi pers yang digelar Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) bersama Forum Konservasi Leuser (FKL) di Banda Aceh, Senin (23/07).

Disebutkan, Yayasan HAkA melakukan pemantauan menggunakan tekhnologi penginderaan jarak jauh dari citra satelit. Sementara FKL sendiri, berdasarkan pengumpulan data lapangan sejak Januari hingga Juni 2018 terdapat adanya peningkatan pada kasus perambahan dan illegal logging dalam KEL.

GIS Manager Yayasan HAkA, Agung Dwinurcahaya, menyebutkan mereka mempresentasikan data hasil monitoring dari citra satelit meliputi seluruh Aceh dan Ground Cheking yang menunjukkan temuan lapangan adanya aktivitas illegal di dalam KEL.

“Angka ini relatif menurun dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu sejumlah 3.780 Ha, dan meningkat sedikit dibandingkan periode Juli – Desember 2017 dimana deforestasi pada periode itu hanya 3.095 Ha,” sebut Agung, yang ditulis Waspada Online hari ini, Selasa (24/07).

Pihaknya merincikan bahwa terdapat tiga Kabupaten di Aceh dengan tingkat kerusakan hutan terbesar meliputi Kabupaten Nagan Raya dengan luas kerusakan sejumlah 627 Ha, Aceh Timur dengan kerusakan sejumlah 559 Ha, dan Gayo Lues terdapat sejumlah 507 Ha kerusakan hutan.

Sebagian besar deforestasi di Kabupaten Nagan Raya, disebutkan terjadi di dalam Kawasan Gambut Rawa Tripa yang dulunya dikenal sebagai Ibukota Orangutan Dunia karena populasinya yang tinggi. Namun kini, tutupan hutan di kawasan itu terus menurun akibat maraknya perambahan hutan.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Telkomsel Berkah, Kejutan Emas dan Motor Untuk Para Pelanggan Setia

MEDAN, Waspada.co.id – Telkomsel kembali hadirkan program loyalti terbaru, yaitu Telkomsel Berkah sebagai bentuk apresiasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: