Breaking News
Home / Aceh / 50 Titik Sumur Bor Disiapkan Atasi Sawah Tadah Hujan
Ilustrasi
Ilustrasi

50 Titik Sumur Bor Disiapkan Atasi Sawah Tadah Hujan

LHOKSUKON, WOL – Seluas delapan ribu hektar lahan persawahan tadah hujan terdapat di Kabupaten Aceh Utara. Saat ini Pemerintah Kabupaten Aceh Utara sedang menyiapkan pembangunan sumur bor di 50 titik.

Sehingga, para petani nantinya tidak lagi kesulitan mendapatkan air untuk mengaliri areal persawahannya saat tidak turun hujan. Hal ini juga untuk mengoptimalkan produksi hasil pertanian daerah sawah tadah hujan.

“Sumur bor yang di bangun ini untuk memenuhi kebutuhan air di kawasan sawah tadah hujan di Aceh Utara. Ada di 50 titik yang akan dikerjakan tahun ini juga, malah sebagian sedang dikerjakan,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Aceh Utara, Mukhtaruddin, Rabu (02/12).

Ia mengatakan, saat ini menjadi persoalan yang besar terhadap 8 ribu hektar sawah tadah hujan itu dan patut segera diperhatikan. Untuk itu saat ini pihaknya mensurvei lokasi-lokasi yang akan dibangun sumur bor di daerah sawah tadah hujan yang tersebar di Aceh Utara.

Sumur bor itu, lanjut dia, bisa dimanfaatkan bagi Petani yang belum memiliki jaringan irigasi dan penampungan air untuk mengairi areal persawahan. Dan diharapkan dapat dijaga dengan baik. Sebab, dengan adanya sumur bor itu bisa membantu petani dengan tujuan mensejahterakan petani dari ancaman kekeringan saat kesulitan air.

Menurutnya, untuk satu sumur bor maka dapat mengairi air hingga lima hektare lahan persawahan. Pihaknya hanya mampu mengupayakan pembangunan sumur bor untuk mengatasi kekeringan sawah tadah hujan selain persoalan kebutuhan pupuk dan benih.

Tim saat ini sedang melakukan survei dengan geolistrik guna mengetahui potensi air tanah di setiap lokasi yang akan dibangun sumur bor. Hasil survei tersebut itulah nanti akan diputuskan kawasan tersebut layak atau tidak untuk dibangun sumur bor.

Survei yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi sumur bor dalam mendukung peningkatan produksi pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani.(wol/cha/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Menkeu Segera Evaluasi Bunga Kredit UMi

MEDAN, WOL – Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, bakal segera mengevaluasi suku bunga Kredit ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.