_
Home / Aceh / 2 Warga Hanyut Disapu Banjir Bandang
WOL Photo/chairul sya’ban

2 Warga Hanyut Disapu Banjir Bandang

LHOKSUKON, WOL – Di sebuah desa padat penduduk, mereka saling kompak terutama dalam membangun desa mereka. Warga ini terus bekerja dalam kesehariannya sebagai petani, sawah merupakan satu-satunya mata pencaharian penduduk tersebut.

Namun di pagi hari, langit cerah dengan tiba-tiba berubah menjadi mendung dan kemudian hujan lebat pun turun mengguyur tempat tinggal mereka. Hujan yang tiada henti membuat debit air sungai terus bertambah, longsor pun terjadi.

Para warga ini sudah tahu bahwa bencana akan datang. Petugas Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) turut membantu warga melalui informasi-informasi baik yang dilaporkan maupun yang melaporkan lewat Handy Talky (HT).

Masyarakat mulai panik, mereka berlarian ketakutan untuk menyelamatkan diri sembari membawa benda-benda berharga. Banjir bandang pun terjadi dan menyapu seluruh rumah yang ada di pemukiman tersebut. Bahkan anggota RAPI setempat melaporkan bahwa dua warga telah hanyut dibawa arus yang begitu deras.

Demikian bencana itu diadegankan oleh anggota RAPI Aceh, TNI/Polri, SAR Aceh dan Basarnas, BPBD, Tagana, PMI dan IOF Aceh dalam skenario simulasi bencana alam banjir bandang pada pembukaan acara Jambore ke III RAPI Aceh yang berlangsung di Lapangan Serbaguna T. Raja Husein Gampong Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (08/10).

Dalam simulasi itu diadegankan seperti nyata, bahkan masyarakat maupun peserta Jambore itu sendiri sempat menangis histeris tanpa rekayasa. Simulasi menunjukkan betapa pentingnya peran RAPI dan Instansi penanggulangan bencana dalam menyelamatkan masyarakat yang terkena bencana alam.

“Bencana alam datang pada waktu dan tempat yang tidak kita ketahui. Untuk itu kesiapsiagaan harus tetap kita laksanakan. Cepat, tepat dan aman sangat diperlukan dalam penanganan bencana untuk mengurangi korban,” ujar Gubernur Aceh yang diwakili Staf Ahlinya Bidang Pemerintahan, Drs Iskandar A Gani.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ijek Ucapkan Terima Kasih Atas Dukungan Wali Kota Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.