Home / Aceh / 2 Kelompok Tani Terima 30 Ribu Bibit Lele dan 20 Ekor Kambing
WOL Photo

2 Kelompok Tani Terima 30 Ribu Bibit Lele dan 20 Ekor Kambing

LHOKSUKON, WOL – Sejumlah 30 ribu ekor bibit ikan lele jenis Sangkuriang dan 20 ekor kambing diserahkan kepada kelompok tani oleh Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib dan Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono, Selasa (12/1).

30 ribu ekor bibit lele tersebut diserahkan kepada kelompok tani Usaha Muda di Dusun Uroeng Bugeng Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara. Sedangkan 20 ekor kambing beserta kandang dan pakannya, diserahkan kepada kelompok tani binaan Kodim 0103 di Desa Matang Tunong, Kecamatan Lapang.

Dalam penyerahan itu, turut disaksikan Kapolres Lhokseumawe yang diwakili Kabag Ops, Mayor Eko Purwanto, dan Kadis Perikanan Ir. Mursyid, Ketua DPRK Aceh Utara, Ismail A Djalil atau Ayah Wa serta Muspika dan BPP setempat.

Letkol Inf Eka Oktavian Wayu Cahyono menyampaikan, maksud dan tujuan menyerahkan bantuan tersebut merupakan Program awal Tahun 2016 Kodim Aceh Utara melalui Kelompok Binter Koramil 03/Dewantara untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam Pemberdayaan Ekonomi.

“Kita berdayakan hanya kelompok bukan perorangan. Kebutulan ketua Kelompok, Saiful, sudah bergelut selama 13 tahun dibidang budidaya ikan lele. Budidaya ikan lele sangat menjanjikan apabila dikelola dengan profesional dan sungguh sungguh,” ucap Letkol Eka.

Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib mengapresiasi Program Kodim 0103 untuk membangkitkan semangat Ekonomi masyarakat. Pogram ini kiranya diharapkan dapat menyebar diseluruh Kecamatan.

“Saya sangat mendukung sekali serta mengharapkan pada Dinas terkait untuk membantu baik sarana maupun tenaga penyuluhan. Kepada Muspika untuk terus melakukan pengawasan yang melekat terhadap bantuan yang telah disalurkan di Kecamatan, baik alat Pertanian Hand Tractor dan lainnya,” ucapnya.

Sementara itu mengutip ketua Kelompok Tani Usaha Muda, Saiful, Kabag Humas Setdakab Aceh Utara Drs. Amir Hamzah mengatakan, bahwa areal budidayanya yang didukung oleh Kodim Aceh Utara seluas satu hektare yang dibuat dengan empat petak.

“Dari luas areal tersebut saat ini dapat menampung 180 ribu bibit ikan lele yang antara lain ukuran 19 x 18 meter dapat menampung lebih kurang 50 ribu bibit lele sangkuriang serta ukuran 17 x 18 meter yang menampung 30 ribu bibit,” ujar Amir mengutip pernyataan Saiful.

Menurutnya, masa panen sejak ditebarkan memakan waktu dua bulan dengan berat 6-7 ekor/kg yang harga jualnya mencapai Rp 15 ribu perkilogram dan dipasarkan Ke Banda Aceh, Takengon, Bireun, Lhokseumawe. “Di perkiraan sekitar satu bulan lagi sudah panen secara bertahap,” tambah Amir.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Cek Mad: Jangan Lagi Berharap Dana Subsidi Pemerintah

LHOKSUKON,Waspada.co.id – Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib, dengan resmi melantik T Asmoni sebagai Direktur ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: