_
Home / Aceh / 2 Gajah Jinak Hibur Ribuan Warga Cot Girek
WOL Photo/chairul sya'ban

2 Gajah Jinak Hibur Ribuan Warga Cot Girek

LHOKSUKON, WOL – Dua ekor gajah jinak dari Conservation Response Unit (CRU) Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, hibur ribuan warga di Kecamatan itu dalam acara karnaval menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke 71 Tahun, Selasa (16/8).

Camat Cot Girek, Usman K Sos, mengatakan karnaval kali ini merupakan  untuk pertama kalinya di Kecamatan Cot Girek, apalagi dengan melibatkan dua ekor gajah jinak tersebut. Kedua gajah ini yang memiliki nama, Marni dan Meulu selama ini bertugas sebagai tim penanggulangan mitigasi konflik gajah liar dengan manusia di pedalaman kecamatan itu.

“Luar biasa, kita melihat antusias warga di sini sangat gembira dalam menyaksikan karnaval untuk pertama kalinya, apalagi ada gajahnya yang kita turunkan melalui Dinas Kehutanan dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA),” ujar Usman.

Dalam pantauan Waspada Online di lokasi, dua gajah jinak yang masing-masing dipandu oleh Mahout ikut dalam rombongan karnaval dengan berjalan kaki sejauh dua kilometer. Rute yang mereka lintasi yaitu dimulai dari halaman Muspika Cot Girek, kemudian jalan lintas Lhoksukon Cot Girek atau Batu 12. Setelah itu berputar arah dan kembali lagi ke awal start.

Usman menambahkan, dua gajah jinak ini sampai besok masih menghibur warga. Bahkan, Marni dan Meulu dijadwalkan akan ikut mengalungi Muspika. “Sampai besok gajahnya masih disini,” tambah Usman.

Warga menyambut gembira dengan dihadirkannya gajah-gajah tersebut. Dimana selama ini banyak masyarakat yang hanya melihat gajah dari televisi. Karnaval semacam ini juga salah satu untuk menarik perhatian warga agar selalu dekat dengan satwa yang dilindungi oleh undang-undang tersebut.

“Hari ini kami melihat gajah dengan jarak yang sangat dekat, sebelumnya hanya melihat dari televisi saja. Ini juga bukti bahwa mereka (gajah, red) sangat dekat dengan manusia asal tidak menyakitinya,” ujar Safriani (38), warga setempat yang mengaku mencintai satwa liar.(wol/chai/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Keluarga Waspada Group Ziarah Makam Pendiri

MEDAN, Waspada.co.id – Sebelum menggelar resespi HUT ke-72 Harian Waspada, keluarga besar Waspada Group ziarah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: