Home / Aceh / 13 Poktan Gayo Lues Terima 4,6 Ton Bibit Bawang Putih Varietas Unggul
Salah satu Kelompok Tani (Poktan) Gayo Lues, saat menerima bibit bawang putih varietas Lumbu Hijau, yang diberikan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, Selasa (3/4), di Gudang Distan Perkebunan, Gayo Lues. (WOL Photo/Bustanuddin)

13 Poktan Gayo Lues Terima 4,6 Ton Bibit Bawang Putih Varietas Unggul

BLANGKEJEREN, WOL – Sejumlah Kelompok Tani di bawah binaan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Gayo Lues menerima bantuan bibit Bawang putih sejumlah 4,6 ton, yang disalurkan melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, Selasa (3/4). Ini termasuk Anggaran APBN tahun 2018, untuk pengembangan kawasan bawang putih Kabupaten Gayo Lues.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh 13 Kelompok Tani, yang sebelumnya telah terdaftar dan diusulkan sebagai CPCL pada tahun 2017 lalu.

Tim PHO mewakili Dinas Pertanian dan Perkebunan provinsi Aceh, Ir Barmawi kepada Waspada Online, Selasa (3/4) di Blangkejeren, mengatakan bantuan bibit tersebut langsung diterima para petani melalui Kelompok Tani yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dikatakan, bibit bawang putih tersebut merupakan varietas unggul dengan nama Varietas Lumbu Hijau, yang sudah di sertifikasi oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Jawa Tengah, dengan nama produsen KT BJ. Taruna Tani, Desa Tuwel, Kecamtan Bojong, Tegal, dengan tanggal pasang label pada 26 Maret 2018.

“Artinya kualitas dari bibit bawang putih Varietas Lumbu Hijau tersebut, telah terjamin dan tahan terhadap serangan hama, hingga tumbuh di lahan yang sudah di persiapkan oleh petani,” jelasnya.

Sementara untuk pengadaan dan penyediaan bibit sejumlah 4,6 ton tersebut, dilaksanakan oleh pihak ketiga atas nama PT. Pasie Janeng Internusa, yang beralamat di jalan Tgk. Po Abang, Gp. Pasie Janeng, Aceh Besar. (wol/bus/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

TMMD ke-102 Kodim 0113/GL Resmi Dibuka

GAYO LUES, Waspada.co.id – Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru, bertindak sebagai Inspektur Upacara secara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: