Home / Aceh / 12 Tersangka Kasus Sabu Diciduk di Lhokseumawe dan Aceh Utara
WOL Photo

12 Tersangka Kasus Sabu Diciduk di Lhokseumawe dan Aceh Utara

ACEH, WOL – Upaya memutuskan mata rantai peredaran narkoba berbagai jenis terus dilakukan polisi khususnya di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Mungkin bisa dikatakan, bahwa hampir setiap hari pelaku tindak pidana narkotika diringkus petugas, baik jumlah kecil hingga jumlah besar.

Kepolisian Resort Aceh Utara melalui Satuan Reserse Narkoba sejak Selasa (16/01) hingga Kamis (18/01) pihaknya meringkus 10 pria atas tindak pidana narkotika jenis sabu. Mereka, kata Kapolres Aceh Utara AKBP Ir Untung Sangaji, diringkus di tempat berbeda dengan waktu berbeda pula.

Adapun tersangka yang diamankan berinisial, Z (42) asal Kecamatan Tanah Luas, IR (50) asal Kecamatan Cot Girek, BMW (50) asal Kecamatan Tanah Jambo Aye. Ketiga orang ini diringkus di tempat berbeda, yaitu BMW diciduk langsung oleh Kapolres Aceh Utara. Z dan IR, diciduk oleh Kasat Narkoba Polres Aceh Utara, AKP Ildani Ilyas.

“Dari penangkapan Z dan IR di Kecamatan Tanah Luas, petugas menyita barang bukti narkotika jenis sabu sejumlah 0,20 gram. Sedangkan penangkapan terhadap BMW, menyita narkotika jenis sabu sejumlah 2,25 gram. Jadi, total barang bukti dari ketiga orang ini sejumlah 2,45 gram,” ujar Kapolres Aceh Utara melalui Kasat Narkoba, AKP Ildani Ilyas, yang ditulis Waspada Online, Jumat (19/01).

Penangkapan atas tindak pidana narkotika berlanjut hingga Kamis (18/01) tadi malam. Sejumlah tujuh tersangka berhasil diciduk, bersamaan dengan itu turut mengamankan barang bukti sabu seberat 1,51 gram beserta satu set bong dan sebuah pirex berisikan sabu-sabu.

Ketujuh tersangka yang berhasil diringkus inisial, BK (25), MI (34), JF (36), ZN (40), keempat orang ini berasal dari Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Kemudian, MK (27), RS (42), keduanya asal Sumatera Utara. Dan JF (36), asal Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara.

“Mereka diringkus di salah satu desa dalam Kecamatan Samudera. Berawal informasi dari masyarakat bahwa kerap adanya transaksi narkoba dan pesta sabu. Sehingga tim Satres Narkoba bergerak ke TKP dan menggerebek tersangka di sebuah rumah milik RS. Penggerebekan turut dilakukan hingga menemukan barang bukti,” tukas Ildani.

Di Lhokseumawe, dua orang diringkus polisi bersama barang bukti sabu sejumlah 200 gram atau 0,2 kilogram. Mereka adalah inisial, ZA (21) asal Kabupaten Bireuen, dan MA (31) asal Kota Banda Aceh. Diringkus pada Rabu (17/01), saat itu keduanya menumpangi angkutan umum hendak membawa sabu dari Aceh Tamiang ke Aceh Utara.

“Berawal dari informasi masyarakat bahwa ada dua pria yang diduga membawa sabu dalam jumlah besar dari Aceh Tamiang untuk dibawa ke daerah Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara dengan menumpangi kendaraan umum jenis Minibus L300 warna putih dengan Nopol BL 1149 GZ,” ujar Kapolres Lhokseumawe, AKBP Hendri Budiman melalui Kasat Narkoba, Iptu Zeska Zulian.

“Menerima informasi tersebut tim Opsnal Satuan Narkoba dibantu personil Satuan Reskrim melakukan penghadangan. Sekitar pukul 14.00 WIB, minibus L300 tersebut melintas di Simpang Ekstren dan langsung kita hadang untuk dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan,” sambung Zeska.

Saat digeladah, ditemukan benda yang diduga narkoba jenis sabu sejumlah dua bungkus besar dikemas dalam plastik transparan yang disembunyikan ZA (21) di dalam celana dalam miliknya. Tersangka ZA mengaku barang bukti tersebut dibawa dari Aceh Tamiang. “Barang bukti diduga sabu berhasil kita sita sebanyak 2 paket besar dengan berat sekitar 202 gram atau 0,2 kg,” tukas Zeska.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Todong Senjata ke Polisi, Bandar Narkoba Ditembak

LHOKSEUMAWE, Waspada.co.id – Seorang bandar narkoba inisial, RA (27) warga asal Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: