Wali Kota Minta Pegawai Suguhkan Pelayanan Prima

Foto: Ist

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh selalu menyuguhkan pelayanan prima kepada masyarakat kota.

Permintaan ini disampaikan Aminullah saat bertindak sebagai pembina apel gabungan ASN Pemko Banda Aceh sekaligus memperingati Hari Kesadaran Nasional Februari 2020, Senin (17/2/2020) di halaman Balai Kota Banda Aceh.

Di depan ribuan ASN, Wali Kota mengatakan masyarakat layak mendapatkan layanan maksimal dari ASN sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Karenanya, pegawai di berbagai SKPK jajaran Pemko Banda Aceh dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas ditengah ekspektasi warga yang terus meningkat.

“Kalau di perusahaan swasta atau bank ada istilah servis exelent. Aparatur pemerintah juga bisa melakukan seperti itu. Karena masyarakat itu adalah raja yang wajib dilayani. Berikan warga kita pelayanan yang exellent,” pinta Aminullah.

Apel yang dihadiri ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari seluruh SKPK jajaran Pemko ini turut dihadiri Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, Sekdakota, Bahagia dan seluruh Kepala SKPK.

Hadir juga, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Banda Aceh, Rusmadi yang dalam kegiatan ini melepas balon ke udara bersama Wakil Wali Kota sebagai bentuk sosialisasi Sensus Penduduk 2020.

Kata Wali Kota, Dalam kesempatan ini, Wali Kota juga mengatakan Badan Pusat Statistik akan melaksanakan Sensus Penduduk dalam dua periode.

Periode pertama adalah sensus penduduk online/mandiri, yaitu seluruh penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisikan data kependudukannya secara mandiri melalui halaman website sensus.bps.go.id mulai 15 Februari s/d 31 Maret 2020. Dan Periode kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 31 Juli 2020.

“Hasil Sensus Penduduk ini akan dijadikan dasar perumusan kebijakan perencanaan pembangunan di Kota Banda Aceh. Dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, pendidikan terakhir, maka pemerintah baik Pusat maupun Daerah bisa memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah dan hasil tersebut dapat digunakan oleh Pemerintah Kota sebagai dasar perencanaan pembangunan didalam menentukan kebijakan serta keputusan yang lebih tepat sasaran untuk diimplementasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan, Wali Kota juga menyerahkan secara simbolis SK kenaikan pangkat PNS terhitung per 01 April 2020 jumlah keseluruhan usulan kenaikan pangkat TMT April 2020 di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh adalah sebanyak 386 usulan.

“Semakin tinggi kepangkatan seseorang, maka seharusnya yang bersangkutan tersebut semakin profesional dan meningkatkan keahlian, ketrampilan, etos kerja, kemampuan melaksanakan tugas dengan baik dan mempunyai pemahaman yang luas,” kata Aminullah

Terkait Upacara Hari Kesadaran Nasional pagi ini, Wali Kota menyampaikan apel gabungan yang kini berlangsung setiap tanggal 17 di setiap bulannya merupakan bahagian dari peringatan Hari Kesadaran Nasional, seyogyanya memiliki nilai yang sangat luhur dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan ASN sebagai abdi masyarakat yang mempunyai fungsi utama yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan Apel ini, bisa memberikan kesadaran kepada seluruh aparatur negara agar dapat melayani masyarakat dan dapat mengelola berbagai dinamika sosial yang ada ditengah-tengah kehidupan masyarakat secara arif dan bijaksana,” ujar Aminullah

Lebih lanjut Wali Kota juga menginformasikan Pemerintah kota Banda Aceh kembali meraih dua penghargaan sekaligus dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Pertama, atas prestasi dalam pencapaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3. Kedua, atas prestasi Inspektorat Banda Aceh dalam pencapaian Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Level 3, yang diserahkan oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah didampingi Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP.

“Penghargaan tersebut sangat bermanfaat dalam memotivasi jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh untuk terus memberi dan meningkatkan kinerja terbaiknya sesuai SOP, tanpa intervensi dan bebas KKN,” ujar Aminullah. (bandaacehkota/ags/data3)