Wagub Apresiasi Program DMI Subuh Berjamaah Keliling Sumut

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

KISARAN, Waspada.co.id – Apresiasi program kerja kepengurusan baru Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah mengikuti kegiatan subuh berjamaah dan tausiyah di Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran, Kabupaten Asahan, Minggu (16/2).

Sebelum azan subuh berkumandang, Wagubsu yang akrab disapa Ijeck tiba di pelataran masjid bersama rombongan disambut Bupati Asahan Surya. Selanjutnya, rombongan shalat Subuh berjamaah bersama masyarakat.

Usai shalat, Ijeck mengapresiasi program kerja yang dilakukan oleh PW DMI Sumut. Antara lain menggelar safari shalat berjamaah ke kabupaten/kota yang ada di Sumut setiap bulan dan kali ini Kabupaten Asahan mendapat giliran kegiatan ini.

“Ini program baru dari PW DMI. Mengajak masyarakat ikut shalat berjamaah, ikut memakmurkan masjid. Program setiap bulan subuh berjamaah ini pun berpindah ke setiap kabupaten/kota setiap bulan,” ujar Ijeck dalam sambutannya.

Program-program yang dilakukan Pemkab Asahan pun mendapat respons positif dari Ijeck. Dalam usaha memakmurkan masjid, Pemkab Asahan ikut membantu khususnya dalam penganggaran yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksanaan Khusus dari Dinas Sosial Pemkab Asahan.

Walaupun demikian menurut Ijeck, kegiatan memakmurkan masjid harus dilakukan oleh seluruh umat muslim yang ada, tidak hanya mengandalkan kepada pemerintah. Irhamuddin Siregar selaku Ketua PW DMI Sumut menyampaikan program safari subuh berjamaah merupakan kelima kalinya setelah Kota Tebingtinggi dan kota lainnya.

Selain bertujuan memakmurkan masjid, program ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman bahwa masjid bukan hanya sekadar tempat ibadah, melainkan juga pusat kegiatan umat muslim.

Bupati Asahan Surya menjelaskan bahwa dalam upaya memakmurkan masjid pihaknya telah mengeluarkan program yang diberi nama Program Iman dan Taqwa yang berada di bawah naungan Dinas Sosial Kabupaten Asahan.

“Program Iman dan Taqwa kami upayakan untuk memakmurkan masjid hingga ke desa-desa di Asahan,” jelas Surya.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL