Wagub Ajak Masyarakat Sergai Makmurkan Masjid

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

SEIRAMPAH, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, meninjau Masjid Agung Serdang Bedagai di Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (15/2). Wagub pun mengajak masyarakat memakmurkan masjid tersebut.

“Kalaulah sudah namanya Masjid Agung, haruslah kita agungkan masjid ini. Harus kita makmurkan, sesuai dengan cita-cita pembangunannya di awal,” kata Wagub.

Menurut Wagub, banyak cara untuk memakmurkan masjid. Tidak hanya digunakan untuk shalat lima waktu saja. Banyak kegiatan keagamaan yang dapat dilaksanakan di masjid, seperti majelis taklim dan mengaji atau kegiatan lainnya.

Wagub juga mengharapkan Masjid Agung bisa menjadi motor penggerak dakwah di Sergai serta bermanfaat bagi masyarakat banyak. Pria biasa disapa Ijeck ini mengajak masyarakat sama-sama mendoakan apa yang menjadi niat dan semangat dalam syiar agama.

“Masjid juga bisa digunakan sebagai tempat mendidik generasi muda meningkatkan keimanan dan ketakwaannya. Karena kalau kita tidak meninggalkan generasi yang beriman, kita ikut bertanggung jawab. Kalau generasi ke depan beriman sudah pasti urusan di dunia baik semuanya, sehingga kita aman, baik, dan sejahtera,” ujar Ijeck.

Bupati Sergai, Soekirman, menyampaikan sehari sebelumnya, Jumat (14/2), masjid tersebut sudah digunakan shalat Jumat. Soekirman mengatakan di lingkungan masjid akan dijadikan pusat wisata religi Sergai, tempat kuliner makanan halal hingga rumah tahfiz.

Dikatakan, Masjid Agung dibangun di atas lahan 2,4 hektar dan berada di depan pintu tol Teluk Mengkudu dengan tiga lantai. Lantai 1 untuk perkantoran organisasi dan lembaga Islam, lantai 2 dan 3 digunakan untuk ibadah shalat.

Masjid Agung juga memiliki menara setinggi 50 meter dengan daya tampung sebanyak kurang lebih 5.000 jamaah. Soekirman juga menyebutkan niat menjadikan Masjid Agung sebagai ikon Islam di Sergai.

Insya Allah akan banyak inspirasi untuk pembangunan Masjid Agung ini,” ujar Soekirman. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL