Satpol PP Jangan Hanya ‘Anggar’ Otot

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Selain penertiban dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga bertugas memelihara ketentraman, ketertiban umum, dan memberikan rasa aman pada masyarakat. Karena itu Satpol PP tidak bisa hanya mengandalkan otot, tetapi juga tetap mengedepankan kesopanan.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi saat menghadiri sekaligus memberi arahan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Satpol PP se-Sumut Tahun 2020 di Hotel Grand Kanaya Medan, Selasa (18/2).

“Dalam bekerja Satpol PP saat ini tidak bisa hanya ‘anggar’ (mengandalkan) otot. Kalian bisa menjalankan tugas dengan baik, sopan tapi tetap tegas,” ujar Gubsu.

Selain itu, menurut Edy, untuk dapat menjalankan tugas dengan baik dan menjadi Satpol PP yang hebat, seluruh personil harus memiliki loyalitas, jiwa korsa, dan bisa bekerja sama.

Disebutkan, Satpol PP harus loyal terhadap pemimpin dan memiliki jiwa korsa, yaitu kesadaran korps. Perasaan sebagai suatu kesatuan, kecintaan terhadap suatu perhimpunan atau lembaga.

“Karena itu, malulah kalian bila Satpol PP ini dijelekan oleh orang lain. Untuk itu jagalah nama baiknya. Ketiga kalian juga harus kompak dan bisa kerja sama dengan semua lini. Datang kalian ke Kepolisian, datang ke Kodam dan saling berkoordinasi,” jelas Edy.

“Jangan pernah kalian takut. Karena takut itu hanya milik orang-orang yang tidak punya harga diri. Aku tahu tugas kalian berat, tapi ini adalah pilihan kalian,” ujar mantan Pangkostrad tersebut.

Kepala Satpol PP Sumut, Suriadi Bahar, menyampaikan rakor dilakukan dengan tujuan menyamakan visi misi antara Satpol PP Provinsi dengan Satpol PP Kabupaten/kota se-Sumut. Suriadi juga menjelaskan bahwa banyak perbedaan antara ASN Satpol PP dengan ASN OPD lainnya,

“Perbedaanya adalah disiplin, jiwa korsa dan punya loyalitas tinggi. Dari perbedaan itu kami terus berupaya untuk menjadi yang terbaik dan apapun yang menjadi bagian daripada tugas kami akan kami laksanakan,” ujar Suriadi.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL