Ratusan Pelajar Padati Pameran Pendidikan Amerika Serikat

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Ratusan pelajar dari berbagai sekolah di Kota Medan dan Sumatera Utara memadati pameran pendidikan perguruan tinggi terkemuka di Amerika Serikat yang berlangsung di Grand Aston Medan.

Kegiatan ini sebagai bentuk mendorong para pelajar Indonesia khususnya Medan menggapai impiannya melalui pendidikan.

Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera bersama Education USA menggelar pameran pendidikan bertajuk “U.S Higher Education Fair” yang diikuti 15 university.

Guy Margalith selaku Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera menuturkan bahwa pemerintah AS melalui Education USA, bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan terkemuka di AS siap memberikan pandangan kepada para pelajar di Kota Medan melalui pameran ini.

“Dan pameran ini juga akan dihadiri oleh AMINEF yang mengelola beasiswa Fullbrigth, LPDP, dan perwakilan bagian konsuler dari kedutaan Amerikat Serikat Jakarta, dan apresiasi sekali dengan para pelajar, ramai sekali,” tuturnya.

Pameran ini juga bertujuan membantu menjelaskan bagaimana pelajar Indonesia dapat mewujudkan impian belajar di AS serta mempelajari tentang berbagai institusi, jurusan, beasiswa, dan kesempatan lainnya.

“Dan ini gratis pamerannya, jadi dalam pameran mencakup presentasi tentang cara menemukan institusi yang tepat, cara mengajukan visa pelajar, esai penerimaan dan penerimaan beasiswa yang bisa diraih,” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa sementara untuk peserta kurang lebih 9.000 orang Indonesia belajar di AS dan pemerintah AS ingin meningkatkan jumlah tersebut serta ingin menjadi mitra pilihan Indonesia di kawasan Indo-Pasifik, terutama di bidang pendidikan.

“Education USA yang didukung oleh Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS itu merupakan jaringan global yang terdiri atas lebih dari 450 pusat konsultasi pendidikan yang beroperasi di 170 negara,” tambahnya.

Sementara menurut Perwakilan Pemprovsu, Agus Tripriyono, mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendukung para pelajar untuk mengembangkan pendidikannya sampai ke luar negeri.

“Dan setiap tahun pertukaran pelajar terus dilakukan, dan saya sangat apreasiasi dengan kegiatan yang digelar Konjen Amerika, untuk membuka peluang para pelajar mengemban ilmu di universitas ternama di Amerika,” tandasnya.(wol/eko/data3)

Editor: SASTROY BANGUN