Raih Hattrick, Putra Indonesia Luar Biasa

Foto: badmintonindonesia

MANILA, Waspada.co.id – Tim putra Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020 dengan mengalahkan Malaysia 3-1, Minggu (16/2) malam.

Kemenangan Indonesia ditentukan oleh ganda putra Mohammad Ahsan/Fajar Alfian atas Ong Yew Sin/Teo Ee Yi 21-18, 21-17. Meskipun tak bermain dengan pasangan tetap, kombinasi Ahsan/Fajar bisa mengatasi perlawanan Og/Teo.

“Kami mengucap syukur Alhamdulillah bisa jadi penentu, tim Indonesia bisa jadi juara beregu Asia lagi untuk yang ketiga kalinya berturut-turut,” kata Ahsan.

Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti, pun memuji penampilan tim putra Indonesia yang meraih gelar hattrick di ajang BATC. Sebelumnya, gelar diraih tim putra pada tahun 2016 di Hyderabad (India) dan Alor Setar (Malaysia) pada tahun 2018. Juara putri disandang Jepang yang mengalahkan Korea 3-0.

“Luar biasa, hari ini semua lebih siap dibanding kemarin di semifinal. Hari ini lebih yakin karena di SEA Games 2019 kan menang juga dari Malaysia. Saya lihat pelatih dan pemain keyakinannya lebih besar. Perjuangan mereka luar biasa, sudah menunjukkan yang terbaik,” kata Susy.

Sebelumnya, Indonesia unggul dua angka lewat Anthony Sinisuka Ginting yang mengatasi Lee Zii Jia 22-20, 21-16 dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang mengandaskan Aaron Chia/Soh Wooi Yik 22-20, 21-16.

Di partai ketiga, Jonatan Christie tampil maksimal namun tetap kalah dari Cheam June Wei 16-21, 21-17, 22-24. Kemenangan Merah Putih akhirnya ditentukan Ahsan/Fajar. Partai terakhir antara Shesar Hiren Rhustavito vs Leong Jun Hao pun tidak perlu dimainkan lagi. (wol/aa/badmintonindonesia/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL