Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Presiden Jokowi tinjau pembangunan Tol Aceh-Sigli (Foto : Okezone.com/Windy)

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo alias Jokowi meninjau pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) wilayah ruas Indrapuri-Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar, Jumat (21/02/2020) sore.

Presiden Jokowi menyebutkan progres pembangunan jalan yang masuk dalam deretan proyek strategis nasional tersebut sangat signifikan.

Tol Aceh merupakan salah satu proyek besar pemerintahan Jokowi yang nantinya akan menghubungkan provinsi paling barat Indonesia ini dengan daerah lain di Sumatera.

“Pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik,hingga pekerjaan proyek terus dikebut, ini menjadi contoh bagi wilayah lain,” ujar Jokowi saat meninjau pembangunan tol Aceh, di kawasan Blangbintang, Aceh Besar.

Ruas tol tersebut merupakan bagian dari Tol Trans-Sumatra yang menjadi salah satu proyek besar dalam pemerintahan Jokowi ditarget rampung pada 2024.

Presiden menargetkan jalan tol Sigli-Banda Aceh seksi IV dapat beroperasi pada lebaran 2020. “Ini berkat semua. Pak Gubernur dan pak bupati memberikan penjelasan yang baik.Hingga dapat terselesaikan,” ujar Jokowi.

Ruas Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 73 kilometer terbagi dalam enam seksi. Seksi pertama Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 25,2 kilometer, seksi kedua Seulimeum-Jantho 6,1 kilometer, seksi ketiga Jantho-Indrapuri 16 kilometer.

Kemudian, seksi keempat Indrapuri-Blang Bintang 14,7 kilometer, seksi kelima Blang Bintang-Kuto Baro 7,7 kilometer, dan seksi keenam Kuto Baro-Simpang Baitussalam 5 kilometer.

Keberadaan Tol Aceh ini diharapkan dapat memangkas jarak dan waktu tempuh dari Banda Aceh kesejumlah Kabupaten kota di Aceh.

Jokowi meninjau tol Aceh turut didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Sofyan Djalil, Plt Gubernur Aceh, Bupati Aceh Besar dan sejumlah pejabat lainnya.

Peninjau jalan tol oleh presiden ini sekaligus dalam kunker presiden ke Aceh, di mana acara puncaknya menghadiri kenduri kebangsaan yang digelar di Kabupaten Bireun, Aceh.