Polda Sumut Tangkap Oknum Polisi Diduga Pelaku Pembakaran Rumah

Foto: Tim Subdit III/Umum Polda Sumut meringkus pria dikabarkan oknum polisi yang diduga kuat terlibat pembakaran rumah di tepi Danau Toba, Desa Lumban Manurung, Kelurahan Tuktuk, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, pada Juni 2018. (WOL Photo)

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Subdit III/Umum Polda Sumut meringkus pria dikabarkan oknum polisi yang diduga kuat terlibat pembakaran rumah di tepi Danau Toba, Desa Lumban Manurung, Kelurahan Tuktuk, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, pada Juni 2018.

Direktur Reskrimum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian, membenarkan penangkapan pria berinisial RHA di Pekanbaru. “Ya, masih kita periksa dulu,” katanya, Rabu (5/2).

Andi menyebutkan, sebelum dilakukan penangkapan terhadap oknum berpangkat Kompol ini, pihaknya telah menangkap terlebih dulu seorang wanita bernama R Boru Manurung di Jakarta.

“Jadi kalau yang ditangkap pertama sudah kita tetapkan jadi tersangka,” terangnya.

Kemudian, Andi menuturkan penangkapan ini bermula dari laporan korban bernama Rudolf Manurung ke Polres Samosir atas pembakaran rumah. “Kita memback-up, setelah kita lidik ternyata rumah itu sengaja dibakar,” sebutnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Samosir, AKP Banjarnahor, mengatakan korban Rudolf Manurung merupakan saudara kandung dengan R Boru Manurung.

“Pelapor dan terlapor merupakan adik kakak,” terangnya.

Menurutnya, kasus ini bermula dari R boru Manurung hendak membangun hotel di samping rumah milik keluarga keduanya.

“Korban merasa tidak senang dengan rencana pembangunan hotel itu hingga terjadi perkelahian antara Rudolf dan RHA yang saat itu ada di lokasi,” ujarnya.

Usai perkelehian itu, Banjarnahor menuturkan pelaku ada rasa dendam hingga merencanakan pembakaran rumah. “R boru Manurung mengajak RHA untuk membakar rumah. Dari sinilah awal kasus ini,” jelasnya.

Bahkan dikabarkan, oknum yang bertugas di Bidokkes Polda Sumut ini terlibat kasus pembakaran mobil di kawasan Sunggal Medan. Kasus inipun sedang ditangani oleh Polsek Sunggal. (wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN