Polda Sumut dan BPK Sepakat Cegah Korupsi

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia melakukan pemeriksaan awal laporan keuangan Polri 2019 di Polda Sumut dan jajaran, Senin (10/2).

Kegiatan laporan pemeriksaan keuangan yang berlangsung di Aula Tribrata Mapolda Sumut itu dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, PJU Polda Sumut, para Kapolres, Kapolrestabes, serta Tim Pemeriksaan BPK RI Victor M Pinondang.

Dalam sambutannya, Martuani menyambut baik atas kehadiran Ketua Tim BPK RI beserta rombongan dalam menyampaikan laporan keuangan Tahun 2013 hingga 2018. Di mana selama enam tahun berturut-turut Polri mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebagai capaian opini tertinggi yang diberikan BPK RI

“Tujuan pemeriksaan untuk memeriksa tata kelola dan tanggungjawab keuangan negara untuk memberikan rekomendasi, pendapat dan pertimbangan, mencegah terjadinya korupsi dan melakukan tata kelola organisasi yang transparan secara berkesinambungan agar menjadi teladan bagi institusi lain,” katanya.

Martuani menyebutkan, seluruh Satker Polda Sumut dan 15 Polres dan Polrestabes jajaran Polda Sumut yang akan melaksanakan pemeriksaan dengan Tim BPK RI. Oleh karena itu, setiap pemeriksaan agar memberikan keterangan yang benar dan jujur kepada Tim BPK RI dan diikutsertakan dengan dokumentasi administrasi.

“Pesta demokrasi Pilkada 2020 di Sumatera Utara ada 23 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan. Sehingga, saya tekankan kepada Kasatwil untuk menyelesaikan administrasi berkaitan dengan dana hibah guna pelaksanaan pengamanan pilkada di tahun 2020,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN