Pimpinan KPK Sebut Ratusan Penyelidikan Dihentikan di Era Agus Rahardjo

Alexander Marwata (Foto: Okezone)
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata mengklaim penghentian penyelidikan perkara bukan hanya terjadi di kepemimpinan KPK jilid V. Ia menyebut penghentian penyelidikan juga pernah terjadi di era kepemimpinan Agus Rahardjo Cs.

Alex, sapaan karib Alexander Marwata, yang juga pernah menjadi bagian dari kepemimpinan Agus Rahardjo, mengaku pernah menghentikan ratusan perkara di tingkat penyelidikan. Namun, sambungnya, saat itu penghentian penyelidikan tidak disampaikan ke publik.

“Ada, bahkan kepemimpinan jilid empat, termasuk saya di dalamnya saya kira banyak penyelidikan yang sudah kita hentikan juga. Saya yakin lebih dari 100 lah penyelidikan yang kita hentikan juga. Sebagian besar juga tertutup,” kata Alex saat menggelar konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (21/2/2020).

Alex meminta agar penghentian penyelidikan 36 perkara di era kepemimpinan jilid V tidak dibesar-besarkan. Kata dia, penghentian penyelidikan merupakan hal yang biasa. Lagipula, pengentian penyelidikan yang dilakukan KPK jilid V, dikatakan Alex, sesuai dengan Undang-Undang.

“Sebetulnya ya biasa-biasa saja tidak ada sesuatu yang kita sembunyikan, kita mencoba proses transparansi, akuntabilitas kita sampaikan. Jadi ada. Misalnya penyelidikan 2018 akhir, ada yang di sini dihentikan. Sudah satu tahun terakhir kita lakukan penyelidikan tidak ada informasi, tidak ada alat bukti yang cukup, yasudah. Apalagi kejadiannya sudah berakhir,” bebernya.