Pers Berperan Penting Sukseskan Agenda Pembangunan

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Pers sebagai pilar keempat demokrasi memiliki peran penting dalam menyukseskan agenda pembangunan di Sumatera Utara. Fungsi dan perannya sebagai penerang atau sumber informasi dipandang mampu menjembatani pemerintah dengan masyarakat.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi saat bersilaturahim dengan para wartawan yang bertugas di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Rabu (12/2).

“Untuk itu, kalian sebagai insan pers di Sumut, harus membantu menyosialisasikan agenda pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat. Fokus pada hal-hal yang membuat Sumut lebih baik, jangan yang membingungkan masyarakat,” pesan Edy kepada wartawan.

Menurut Edy, wartawan sebagai pelaku kontrol sosial diharapkan menyajikan berita-berita yang bersifat membangun serta proaktif mengawasi agenda pembangunan khususnya yang tercantum dalam visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Kejar para OPD yang berkaitan, tanyakan. Bukan hal-hal yang di luar itu. Jangan kalian buat berita Edy marah,” ucap Edy sambil bergurau.

Saat sesi tanya jawab dan pengajuan saran serta masukan, pra wartawan menyebut peran Edy sebagai gubernur memiliki nilai berita tersendiri yang menarik bagi media. Sehingga, segala hal saja yang berkaitan dengan gubernur akan selalu disorot.

Namun demikian, sebagian besar wartawan mengungkapkan bahwa mereka pun memiliki niatan untuk mendukung agenda pembangunan. Salah satu masukan agar para OPD terbuka dan bersedia memberikan keterangan dan informasi yang dibutuhkan.

Turut hadir di antaranya Asisten Administrasi Pemerintahan Setdaprovsu Arsyad Lubis, Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, Kadis Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Hendra Dermawan Siregar, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setdaprovsu Achmad Fadly, dan Plt Kadis Kominfo Provsu M Ayub.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL