Pemprovsu Komit Tingkatkan Pelayanan Publik

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berkomitmen meningkatkan pelayanan publik. (Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu)

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berkomitmen meningkatkan pelayanan publik. Hal tersebut disampaikan Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Provinsi Sumut, Arief Sudarto Trinugroho, saat menerima kunjungan Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Rabu (5/2).

Pada tahun 2017, Pemprovsu mendapat predikat zona hijau untuk survei kepatuhan standar pelayanan publik yang diselenggarakan Ombudsman RI dengan skor 86,06. Untuk itu, Arif mengatakan Pemprovsu akan meningkatkan skor tersebut dengan meningkatkan pelayanan publik.

“Pemprovsu sudah berada di zona hijau untuk pelayanan publik. Ini komitmen kita. Kita akan terus meningkatkan pelayanan publik,” kata Arief.

Arief berpendapat bahwa Ombudsman adalah mitra yang sangat diperlukan dalam penyelenggaraan pemerintahan, sehingga pelayanan publik dapat terus diawasi. Untuk itu, Arief mengharapkan sinergi dan koordinasi yang lebih antara Pemprovsu dengan Ombudsman.

“Sinergi dan koordinasi yang baik kita perlukan. Ombudsman berfungsi mengawasi jalannya pemerintahan sehingga pelayanan publik dapat terus ditingkatkan,” ujar Arief.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumut, Abyadi Siregar, mengharapkan predikat Pemprovsu yang sudah berada pada zona hijau tidak turun. Untuk itu, Pemprovsu diminta terus meningkatkan pelayanan publiknya. Sebab pada tahun 2020, Ombudsman RI akan kembali mengadakan survei kepatuhan standar pelayanan publik di seluruh Indonesia.

“Saat ini, Pemprovsu sudah predikat zona hijau. Kita ingin Pemprov ini dikawal betul jangan sampai turun menjadi zona kuning di survei 2020 nanti,” kata Abyadi. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL