Pemprovsu Berharap Peran Pemuda Pada PON 2024

WOL Photo/Ari

MEDAN, Waspada.co.id – Pemprovsu berharap peran pemuda sebagai pelopor dan motor penggerak dalam menyukseskan pelaksanaan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang.

“Saya berharap pemuda harus bisa memberikan inovasi-inovasi dan gagasannya untuk memberikan masukan bagi provinsi Sumut demi sukses dan majunya prestasi olahraga Sumut, salah satunya di event PON,” kata Kadispora Sumatera Utara, H Baharuddin Siagian, di Hotel Garuda Plaza baru-baru ini.

“Pemerintah juga berharap peran para pemuda dan stakeholder olahraga ini bisa memberikan kontribusi bagi provinsi begitu juga sebaliknya. Saat ini, Gubsu dan Wagubsu sangat mendukung penuh Sumut bisa berprestasi di bidang olahraga. Penggiat olahraga patut berbangga karena pemerintah sangat antusias olahraga Sumut berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” tambahnya.

Dikatakan, salah satu program nyata pemerintah menuju Sumut bermartabat di bidang olahraga adalah pembangunan sport centre seluas 300 hektar lebih di kawasan Desa Sena, Kabupaten Deliserdang. Selain persiapan tuan rumah PON 2024, kawasan tersebut juga dibangun objek wisata dan bisnis seperti hotel, rumah sakit, dan wahana bermain anak-anak.

“Menuju PON 2024, saat ini dilakukan percepatan pembangunan sarana prasarana harus lengkap. Kemudian persiapkan atlet sejak usia dini untuk segera dibina. Ini cita-cita kita semua menuju PON 2024. Ini bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung prestasi olahraga,” ucap Baharuddin.

Terkait kepemudaan, Baharuddin juga meminta setiap daerah minimal bisa mengorbitkan satu orang sebagai pelopor pemuda berprestasi. Dengan usia produktif, gagasan dan buah pikiran pemuda bisa berkontribusi dan berdaya saing dengan provinsi bahkan negara lain dalam melahirkan karya-karya yang bermanfaat.

“Coba diskusikan agar pemuda di setiap kabupaten/kota bisa mengorbitkan ‘pemuda pelopor’ minimal satu daerah satu orang. Ini peran organisasi pemuda setiap kabupaten/kota. Saya yakin banyak inovasi-inovasi yang bisa dilakukan pemuda,” harapnya.

Wakil Ketua KONI Sumut, Ir Sakiruddin, menekankan kepada seluruh OPD dan instansi untuk bisa bersinergi dengan jajaran pemerintah di kabupaten/kota dalam mendukung pembinaan cabor menuju PON 2024. Minimal dengan aktif pembentukan klub-klub sebagai media pembinaan atlet.(wol/ari/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL