Pelaku Pariwisata : Pemerintah Harus Lebih Serius Antisipasi Virus Corona

Ilustrasi Virus Corona (Istimewa)

Waspada.co.id – Meskipun wabah virus Corona (Covid-19) masih belum berdampak pada industri pariwisata di Sumatera Utara, para pelaku pariwisata mengaku tetap merasa was-was. Hal ini disampaikan Ketua Ikatan General Manager Hotel Kabupaten Karo, Dedi Nelson, saat diwawancarai melalui telfon, Senin (24/02).

Dedi menilai, pemerintah masih belum serius dalam mengambil langkah antisipatif. Padahal, letak geografis Sumut tidak jauh dari negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang merupakan negara dengan jumlah pengidap virus corona terbanyak ke dua setelah Republik Tiongkok.

Hingga saat ini, Dedi mengaku masih perlu koordinasi menyeluruh terkait langkah apa yang harus diambil jika suatu saat ditemukan tamu hotel yang mengidap virus corona. “Belum ada himbauan dari pemerintah kepada kami (pelaku pariwisata) mengenai tindakan pencegahan virus corona. Menurut saya, pemerintah harusnya menyiapkan posko-posko penindakan virus corona. Bukan hanya dipusat kota Medan. Namun juga di daerah.” Keluhnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan terbesar Sumut berasal dari Malaysia, Republik Tiongkok, diikuti beberapa negara Eropa. Data tersebut menunjukkan bahwa tidak kecil kemungkinan Sumut bisa menjadi gerbang wabah virus corona di Indonesia.

Dedi menambahkan, saat ini para pelaku pariwisata hanya bisa mengantisipasi wabah virus corona dengan memeriksa asal negara dan riwayat kunjungan wisatawan. Hal itu tentu belum memenuhi standart langkah antisipatif, mengingat langkah pencegahan negara-negara lain yang sudah menyediakan alat pemeriksa suhu tubuh di tempat-tempat umum, seperti di hotel dan tempat wisata.

Dedi berharap, pemerintah segera mengambil langkah yang lebih serius terkait permasalahan ini. Pemerintah harus memperketat pengawasan yang menyeluruh hingga ke daerah, serta menyediakan peralatan medis untuk dapat mendeteksi warga lokal dan wisatawan yang terpapar virus corona. (wol/ega/skr/data3)