PDIP Umumkan Calon Kepala Daerah Medan dan Solo Awal Maret

Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto. (Foto: Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto menyatakan partainya berencana mengumumkan kandidat calon kepala daerah dari Kota Solo, Kota Medan dan Kota Makassar di Pilkada 2020 pada gelombang kedua di awal Maret 2020.

“(Pengumuman) Tahap dua itu 3 Maret… Kira-kira tahap dua lah, pasti. Makassar, Solo, Bali mungkin tahap dia. Bali udah siap, Solo udah siap, Makassar udah siap, Medan siap, tapi gak kita ikutin sekarang,” kata Bambang di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (19/2).

PDIP sampai saat ini belum mengeluarkan rekomendasi bagi kandidat yang akan berlaga di Pilkada Solo dan Pilkada Medan. Dua wilayah itu terbilang hangat menjadi perbincangan publik karena ada kandidat yang masuk dalam lingkaran keluarga Presiden Joko Widodo.

Hal itu karena anak pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Menantu Jokowi Bobby Nasution maju di pilkada dua kota tersebut. Gibran mendaftarkan diri ke PDIP untuk Pilwalkot Solo, sementara itu Bobby mencari peruntungan di Pilkada Kota Medan.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan PDIP memiliki empat gelombang untuk mengumumkan kandidat yang diusungnya di Pilkada 2020.

Gelombang pertama sendiri sudah digelar hari ini. Lalu gelombang kedua pada tanggal 3 Maret 2020. Sementara itu gelombang ketiga akan diumumkan tanggal 23 Maret 2020. “Tahap 4 itu yang kans menangnya kecil itu tahap empat,” kata Bambang.

Di tempat yang sama, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan Ketua Umum PDIP Megawati memang belum memutuskan kandidat yang akan maju di Pilwalkot Solo dan Pilwalkot Medan.

Ia menjelaskan bahwa Gibran dan Bobby sampai saat ini memiliki elektabilitas yang terus meningkat. Khusus untuk Bobby, ia menyatakan Bobby sudah banyak belajar dari para kepala daerah PDIP mengenai kepemimpinan yang efektif.

“Ada antusiasme bagi anak-anak muda untuk bergabung. Tetapi sekali lagi, keputusan ada di tangan Ibu Megawati Soekarnoputri,” kata dia.