Nawal Edy Rahmayadi Luncurkan “Cafe Baca”

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk meningkatkan budaya gemar membaca di Sumatera Utara (Sumut), Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumut Nawal Edy Rahmayadi meluncurkan “Cafe Baca” di lima kafe di Kota Medan, Senin (17/2).

Lima kafe tersebut adalah Kedai Kopi Kombur Jalan SM Raja Medan, RM Rasa Bunda Jalan Iskandar Medan, D’Coffee Kedan Jalan Wahid Hasyim Medan, Café Rumah Pohon Jalan Sei Belutu Medan, dan Roemah Kopi Wak Noer Jalan Uskup Agung Medan.

Peluncuran “Cafe Baca” ditandai pemotongan pita dan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Ketua GPMB Sumut Nawal Edy Rahmayadi dengan Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut Halen Purba serta para pemilik kafe di Roemah Kopi Wak Noer. Salah satu tujuan utama, kata Nawal, untuk meningkatkan budaya gemar baca di tengah masyarakat Sumut.

“Tak bisa dipungkiri, kebanyakan masyarakat menurun minatnya mengunjungi perpustakaan, kalaupun berminat kadang tidak sempat. Nah, kita ingin proaktif menjangkau tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat. Salah satunya tempat nongkrong di kafe-kafe. Jadi saat nongkrong tidak hanya bermain gawai, tetapi juga baca buku,” tutur Ketua TP PKK Sumut ini.

Selanjutnya akan dilakukan peluncuran di tempat-tempat umum lainnya seperti rumah sakit, bandara, stasiun kereta api, dan lainnya. Meningkatnya budaya gemar baca diharapkan menghasilkan masyarakat mau menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, cerdas serta berbudaya. Dengan demikian, tercipta masyarakat berliterasi tinggi dan SDM berkualitas.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut, Halen Purba, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas peluncuran Cafe Baca. Dipandang positif, Halen berharap program ini juga diadopsi di seluruh kabupaten/kota di Sumut.

“Kami optimis gerakan ini akan meningkatkan kemauan dan minat baca di Sumut. Buku-buku di Cafe Baca akan rutin kita perbaharui dan tambah koleksinya. Mudah-mudahan kabupaten/kota juga ikut mengadopsi program ini,” katanya.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL