MU Jaga Asa Tembus Zona Eropa

foto: twitter

LONDON, Waspada.co.id – Meski menjadi tamu Chelsea di Stamford Bridge pada lanjutan Liga Premier, Selasa (18/2), Manchester United tampil superior dan menang 2-0. Dua gol sundulan kemenangan Setan Merah dicetak oleh Anthony Martial dan Harry Maguire.

Bila gol Martial berawal dari umpan Aaron Wan-Bissaka, maka tandukan Maguire yang juga kapten MU dihasilkan dari assist Bruno Fernandes. Chelsea sendiri tampil gemilang dengan mencetak dua gol ke gawang David de Gea.

Hanya saja, gol Kurt Zouma dan Olivier Giroud di babak kedua dianulir wasit dengan bantuan tayangan Video Assistant Referee (VAR). MU sendiri diuntungkan keputusan wasit lainnya. Selain menganulir dua gol Chelsea, VAR membebaskan Harry Maguire dari hukuman kartu merah yang sempat terlihat melanggar Michy Batshuayi.

Lampard pun mengeluhkan keputusan VAR ini yang merugikan dan keliru. Namun, keluhan Lampard itu dianggap tidak tepat oleh Solskjaer.

“Manchester United memilik strategi counter attack yang fantastis. Namun, pola tersebut tidak merepotkan kami. Kami justru gagal mengantisipasi hal yang tidak diduga sebelumnya, yakni mengizinkan mereka mencetak dua gol sundulan” sebut Lampard.

“Maguire seharusnya dikartu merah. Itu jelas dan mengubah pertandingan. Itu keputusan yang salah, semua orang yang saya ajak bicara bilang hal yang sama. Makin sulit saya terima karena sudah ada VAR. Keputusan seperti itu krusial!” keluh Lampard lagi.

Di sisi lain, Solskjaer malah memuji kedua gol skuadnya yang dinilai fantastis dan hasil kerja keras. Selain itu, pelatih asal Norwegia tersebut membela Maguire yang diklaim hanya berusaha melindungi diri ketika terlibat insiden dengan Batshuayi.

“Kedua gol itu fantastis. Aaron sudah bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan mengirim umpan silang, sedangkan Anthony kerap dikritik. Soal Maguire, dia lebih dulu dilanggar dan cuma berupaya melindungi diri dari Batshuayi yang akan jatuh di atasnya,” ujar Solskjaer.

Hasil ini membuat Chelsea tak pernah menang di empat laga terakhir Liga Premier dan tiga melawan MU. The Blues asuhan Frank Lampard tetap di posisi keempat dengan 41 poin, sedangkan tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer naik ke peringkat ketujuh dengan 38 angka sekaligus menjaga asa menembus zona Eropa.(wol/aa/bbc/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL