Motivasi Siswa SMAN 14 Medan, Kajatisu: Saya Anak Petani

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Dr Amir Yanto, memotivasi siswa-siswi SMAN 14 Medan dalam program Jaksa Masuk Sekolah agar tetap bersemangat dan disiplin dalam mewujudkan cita-cita.

Hal tersebut disampaikan Kajati Sumut dalam acara Penyuluhan Hukum di SMA Negeri 14 Medan Jalan Pelajar Gang Darmo, Binjai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, dengan Program Jaksa Masuk Sekolah Tahun 2020, Selasa (25/2)

“Kepada adik-adik yang saat ini sedang sekolah, jangan takut bermimpi dan mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Saya dulu sekolahnya lumayan jauh, pulang sekolah saya harus membantu orangtua.

Kedatangan Kajati Sumut juga didampingi Asintel Kejatisu Andi Murdji, Kordinator Kejatisu Ismail Otto, Kasi Penkum Kejatisu Sumanggar Siagian, dan Kepala Sekolah SMAN 14 Medan, Sofyan Purba, serta Wakasek Salamuddin.

“Saya ini anak seorang petani. Dan waktu itu sekolah SMA saya jaraknya cukup jauh di kawasan Boyolali. Saya waktu itu hanya memiliki semangat dan berharap mimpi saya jadi kenyataan,” kata Amir Yanto.

Penyuluhan hukum itu tidak seluruhnya masalah hukum, kata Amir Yanto tapi bisa juga memberikan motivasi antara lain hormati orangtua, hormati gurumu di sekolah dengan disiplin dan memiliki tanggungjawab.

Fasilitas pendukung belajar saat ini sudah semakin lengkap, tegas Amir Yanto. Kalau dulu mau tahu sesuatu harus baca buku tapi sekarang semua informasi bisa diperoleh lewat gadget atau android yang kita miliki.

“Tapi satu hal perlu diingat, menanam itu dimulai dari yang kecil tidak bisa langsung besar. Untuk menjadi sukses itu perlu kerja keras dan perjuangan yang sungguh-sungguh,” tandasnya.

Dalam sesi tanya jawab, Kajati Sumut memberikan hadiah kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dan pada kesempatan itu Kajati juga memberikan bantuan alat-alat olahraga, plakat, dan cenderamata kepada Kepala Sekolah SMAN 14 Medan.

Secara spontan, Kajati Sumut juga mengajak siswa tampil ke depan dan menjadi motivator bagi teman-temannya tentang bagaimana sikap mereka dalam membentengi diri terhadap narkoba.

Di akhir acara Kajati Sumut meminta seluruh siswa agar mengenali hukum dan menjauhi hukuman, menjauhkan diri dari paham radikal, cyber bullying, dan bijak dalam menggunakan media sosial agar tidak tersangkut masalah hukum.

Kepala Sekolah SMAN 14 Medan, Sofyan Purba S.Pd, menyampaikan bahwa acara penyuluhan hukum yang digelar bagi peserta didik mendapat informasi dan penjelasan terkait hukum dari sumber yang jelas.

“Kami sangat berterima kasih Kajati Sumut Bapak Amir Yanto berkenan hadir memenuhi undangan kami dalam acara pembukaan perlombaan Paskibra tingkat Provinsi Sumatera Utara di SMAN 14 Medan,” ujar Sofyan Purba.

Sebelumnya, Tim Seksi Penerangan Hukum (Penkum) sudah menyampaikan materi tentang masalah narkoba dan aspek hukumnya, cyber bullying, dan bijak dalam menggunakan media sosial agar tidak tersandung masalah hukum dan melanggar UU ITE.(wol/ryan/data3)

Editor: SASTROY BANGUN