Menkes Terawan Minta Masyarakat Hilangkan Pikiran Negatif pada WNI Eks-Karantina

WNI dipulangkan dari Natuna. (Foto: Twitter/Kemenkes)
agregasi

Waspada.co.idWARGA Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, lulus dari observasi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Kini mereka sudah berada di kota asal masing-masing.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menegaskan, setiba di kota asal masing-masing, masyarakat jangan berpandangan negatif kepada 238 WNI yang lulus observasi COVID-19. Selama 14 hari kesehatannya benar-benar dipantau, termasuk sebelum lepas landas ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu 15 Februari 2020.

“Pesan saya, (WNI dari Wuhan) diterima dengan baik, tidak ada pikiran negatif,” ucap Menkes Terawan, dikutip dari situs resmi Sehat Negeriku.

Setelah pulang, sambung Menkes Terawan, semua WNI yang lulus observasi COVID-19 akan dilakukan surveilans tracking oleh Dinas Kesehatan setempat. Pengamatan kesehatan tersebut sifatnya nyaman dan kekeluargaan, sehingga tidak membuat keresahahan.
Saat batas observasi selesai, untuk selanjutnya Dinas Kesehatan telah bersiap untuk melakukan pengayoman kepada masyarakat.

“Semua sudah dilakukan sesuai prosedur dan mereka sekarang dalam kondisi yang sehat,” imbuhnya.

Advertisement

Harapannya, kata Menkes Terawan, 238 WNI yang lulus observasi COVID-19 kini bisa berkumpul dengan keluarga. Masyarakat di lingkungan sekitarnya pun menyambut baik kedatangan mereka di kota asal masing-masing.

“Kita berharap semuanya bisa kumpul kembali keluarganya dan lingkungannya dengan baik, penuh suka cita dan penuh kegembiraan,” pungkasnya.