Menkes Sebut 9 WNI Positif Terjangkit Virus Corona di Jepang

Foto: Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. (Ist)

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan total ada sembilan Warga Negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi Virus Corona di Jepang.

Sebelumnya, disebut hanya empat orang Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar Diamond Princess di Jepang dinyatakan positif Virus Corona. “WNI yang kena kan juga dirawat oleh pemerintah Jepang, ada sembilan orang itu,” ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/2).

Meski demikian, Terawan tak merinci apakah lima WNI yang baru terjangkit virus asal China tersebut merupakan ABK kapal pesiar Diamond Princess atau bukan. Ia hanya menyebut pemerintah hingga saat ini masih bernegosiasi dengan otoritas Jepang terkait kepulangan 74 ABK di kapal Diamond Princess yang negatif virus corona.

Terawan mengingatkan, proses kepulangan puluhan WNI itu harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan episentrum atau pusat baru wabah virus corona.

“Kalau mereka (Jepang) ngasih ya tentu segera kita proses. Tapi ini kita nego terus, teknik yang paling baik untuk mengeluarkan mereka. Jangan semaunya sendiri, kalau semau sendiri bisa membentuk episentrum baru,” katanya.

Pemerintah sebelumnya telah memutuskan akan mengevakuasi 188 WNI yang bekerja sebagai ABK di kapal pesiar World Dream menggunakan kapal milik TNI Angkatan Laut (AL) menyusul wabah virus corona.

Sementara untuk kapal pesiar Diamond Princess, sebanyak 4 orang telah dinyatakan positif virus. Sedangkan 74 sisanya masih menunggu proses pemulangan dari pemerintah. (cnnindonesia/ags/data3)