“Masuknya Narkoba ke Rutan Kabanjahe Menjadi Pemicu Kebakaran”

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut, Sutrisman, mendatangi kantor Ombudsman RI Sumut yang terletak di Jalan Sei Besitang No 3, Sikambing D, Kecamatan Medan Petisah, Senin (17/2).

Kedatangan Kakanwil Kemenkumham tersebut untuk membahas soal kebakaran Rutan Kabanjahe yang ada di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara.

Usai pertemuan, Ombudsman RI Sumatera Utara Abyadi Siregar, mengungkap bahwa kerusuhan yang terjadi di Rutan Kabanjahe itu dipicu dari kasus narkoba.

“Dari hasil temuan kita, kasus ini dipicu dari kasus narkoba. Jadi karena itu kemudian kita melihat bahwa harus ada pengawasan yang sangat ketat terhadap masuknya narkoba ke dalam rutan/lapas,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Abyadi Siregar mengatakan, bahwa tentang penetapan warga binaan pasca kerusuhan terutama polres yang diketahui 218 warga binaan dapat memicu hal yang tidak baik.

“Begitu banyak sekali ya, jadi hasil investigasi kami ya, penetapan di polres. Misalkan sampai 218 warga binaan, setelah kita lihat begitu banyak sekali. Untuk ke kamar mandi aja mereka tidak bisa berjalan lagi, jadi kondisi seperti itu dapat menimbulkan hal yang tidak baik,” ucapnya.

Di lain sisi, Kakanwil Kemenkumham Sumut, Sutrisman, menjelaskan kalau kuordinasi Kemenkum sangat cepat untuk menangani kericuhan yang terjadi di Rutan Kabanjahe.

“Jadi karena koordinasi yang sangat cepat sehingga tidak ada korban, kordinasi yang sangat cepat mangkannya tidak ada yang lari, itu fakta ya,” katanya.

Lebih lanjut, Sutrisman juga menjelaskan bahwa kondisi Rutan Kabanjahe sudah siap huni.

“Kalau ruang hunian itu utuh, yang terbakar adalah perkantoran. Jadi sudah siap huni, sudah dibersihkan, sudah kita cat ulang, dan sedikit lagi sedang proses pembuatan dapur,” pungkasnya.(wol/ryan/data3)

Editor: SASTROY BANGUN