Ma’ruf Minta Kepala BPIP Klarifikasi soal Agama dan Pancasila

Ma'ruf Amin (Foto: Kompas)

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta agar Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi segera melakukan klarifikasi terkait pernyataannya yang menyebut agama sebagai musuh Pancasila.

“Ya saya kira itu kita mengharapkan beliau bisa mengklarifikasi,” kata dia, di Kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Jakarta, Rabu (12/2).

Sebelumnya, dalam wawancara dengan sebuah media Yudian menyebut agama merupakan musuh terbesar Pancasila. Ormas-ormas Islam pun memprotes pernyataan itu dan memintanya dicopot.

Lebih lanjut, mantan Rais Aam PBNU itu menyatakan klarifikasi Yudian sangat penting agar tak makin memicu kegaduhan di masyarakat.

“Supaya tidak timbul ya tak terjadi salah paham, kontroversi sehingga menimbulkan kegaduhan. Saya berharap beliau mengklarifikasi ucapannya itu,” kata Ma’ruf.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi kepada tim Blak-blakan detik.com, mengatakan ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

“Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan,” kata Yudian.

awak media sudah berupaya menghubungi Yudian Wahyudi untuk meminta penjelasan lebih rinci ihwal pernyataan yang dia ucapkan tersebut. Namun, yang bersangkutan belum merespons. (cnnindonesia/ags/data3)