Mahfud MD: WNI Telantar Pasti Dipulangkan, Kalau Teroris Tidak

Menko Polhukam, Mahfud MD (foto: Okezone.com)
agregasi

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan, WNI yang telantar di luar negeri dan tidak masuk ke dalam jaringan teroris lintas batas atau foreign terrorist fighters (FTF) bisa dipulangkan.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu melanjutkan, jika ingin dipulangkan, WNI tinggal melapor ke kedutaan besar setempat.

“Jadi ini yang tidak dipulangkan itu foreign terorrist fighter (FTF), bukan orang-orang di luar negeri. Kalau orang di luar negeri bukan teroris, ya lapor saja ke kedutaan,” ucap Mahfud saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat pada Rabu (12/2/2020).

Mahfud MD menegaskan, pemerintah masih menjamin perlindungan WNI yang bukan teroris yang telantar dan akan memulangkannya jika tidak terlibat ISIS.

“Kalau teroris tidak dipulangkanlah. Kalau WNI biasa yang telantar pasti dipulangkan. Kalau teroris pasti tidaklah,” ucapnya.

“Yang sudah gabung dengan teroris mau dipulangkan untuk apa. Malah kamu nanti yang berbahaya di sini. Tetapi kalau memang ada orang telantar dan itu bukan teroris, pasti dilindungi negara,” tutur Mahfud.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Mahfud MD memutuskan bahwa WNI eks ISIS yang diperkirakan berjumlah 689 orang tersebut tidak akan dipulangkan ke Indonesia.