Lima Kali Beraksi, 2 Perampok Ditembak Saat Kabur ke Sidimpuan

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Sat Reskrim Polrestabes Medan mengungkap pelaku perampokan seorang wanita pengendara mobil yang terjadi persis di depan Grapari Telkomsel, Jalan Wahidin, Kecamatan Medan Area, pada Selasa (11/2) sekira Pukul 13.00 WIB lalu.

Empat tersangka sindikat pencurian dengan kekerasan (curas), terdiri joki, eksekutor, penyedia kendaraan untuk beraksi dan penadah hasil kejahatan ditangkap dari tempat terpisah. Joki dan eksekutor terpaksa dikirim ke rumah sakit karena diberi tindakan tegas terukur di bagian kakinya.

“Mereka ini sudah sangat meresahkan karena sering melakukan perampasan jalanan kota Medan dan sekitarnya. Sindikat ini sudah memiliki peran masing-masing, mulai joki sampai penadah,” terang Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Maringan Simanjuntak, Minggu (23/2).

Sebelum perampokan itu terjadi, korban Lina (35), warga Jalan Pahlawan, Kecamatan Medan Perjuangan, bersama keponakannya menaiki mobil datang ke Grapari Telkomsel. Setelah parkir, wanita etnis keturunan tersebut turun dari mobil.

Diduga sudah diintai, korban langsung dipepet dua pria pengendara sepeda motor dari arah belakang. Tersangka mengeksekusi tas sandang korban hingga talinya terputus lalu tancap gas.

Korban kemudian membuat laporan ke Mapolrestabes, menyebut kehilangan tas sandang biru berisi 1 unit HP Samsung S9+ hitam , 1 kartu ATM BCA atasnama korban, 1 aATM BCA atas nama Koeng Lien Bie, 1 ATM, sejumlah kartu kredit, dokumen mobil Mitsubishi Pajero dam satu gelang hingga kerugian ditaksir Rp7 juta.

“Berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan keterangan saksi-saksi, ciri-ciri dan identitas pelaku kita ketahui hingga kita lakukan penangkapan. Namun, joki dan eksekutor terpaksa kita tindak tegas karena berupaya kabur dan melakukan perlawanan,” kata Maringan.

Meringan menyebutkan, penangkapan ke empat tersangka berkat kegigihan personel Unit Pidum yang langsung melakukan pengembangan hingga ke Padangsidimpuan.

“Mereka ini sudah melakukan aksi perampokan sebanyak lima kali di wilayah hukum Polrestabes Medan,” pungkasnya. (wol/lvz/data3)
Editor: Agus Utama