Kurir Ganja 39 Kg Lemas Divonis 18 Tahun Penjara

Kurir Ganja 39 Kg Lemas Divonis 18 Tahun Penjara. (WOL Photo)

MEDAN, Waspada.co.id – Bawa narkotika dari Medan menuju Aceh, dua kurir ganja 39 kg ini, dijatuhi hukuman 18 tahun penjara dengan denda Rp1 miliar dan subsider 6 bulan kurungan, ke dua terdakwa yakni, Saharul (39) dan Khairul (26).

Hakim berpendapat kedua terdakwa telah melanggar Pasal 114 Ayat 2 Jo Pasal 132 Ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Menjatuhkan hukuman 18 tahun penjara dengan denda Rp1 miliar, dan subsider 6 bulan kurungan,” ujar Majelis Hakim diketuai Sri Wahyuni Batubara di ruang Cakra V, Rabu (5/2).

Menurut majelis hakim, hal yang memberatkan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam menghapuskan narkotika.

“Sedangkan yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum, berperilaku sopan dalam persidangan, dan menyesali perbuatannya,” ucap hakim.

Diketahui, keputusan hakim lebih rendah dari tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Tety Tampubolon, kepada majelis hakim.

Pekan lalu, jaksa meminta kepada hakim untuk menuntut kedua tersangka dengan hukuman 19 tahun penjara dan denda Rp1 miliar dengan subsidiar 6 bulan kurungan.

Dikutip dari dakwaan, bahwasanya kedua terdakwa orang suruhan oleh Aleh (DPO) untuk membawa ganja dari Aceh dengan tujuan Medan. Kedua terdakwa akan diberikan upah Rp250 Ribu jika berhasil mengantar barang haram tersebut ke Medan.(wol/ryan/data3)

Editor: SASTROY BANGUN