Ketua DPRD Paluta Dukung PT CIS Beroprasi Walau Tak Miliki Izin

Foto: Ketua DPRD Paluta, Mukhlis Harahap (Ist)

PALUTA, Waspada.co.id – Meskipun operasional pabrik pengolahan kelapa sawit PT Cahaya Inti Sawit (PT CIS) tak mengantongi izin dari Dinas Perizinan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan berdiri di atas lahan register 40, hingga kini pabrik tersebut tetap beroperasi dan Pemkab Paluta tidak mampu berbuat apa-apa. Kuat dugaan, ada orang kuat di belakang keberadaan pabrik yang sudah berjalan tahunan ini.

Hal itu diperparah lagi dengan adanya pernyataan Ketua DPRD Paluta, Mukhlis Harahap. Di mana ia sangat mendukung para pengusaha berinvestasi di daerahnya meskipun tak mengantongi izin.

“Secara umum kita sangat mendukung pengusaha berinvestasi di Paluta,” katanya ketika dikonfirmasi awak media terkait keberadaan PT CIS di hutan register 40, Kamis (20/2).

Menurut pengakuan Ketua DRPD Paluta Mukhlis, keberadaan PT CIS di Desa Kosik Putih Kecamatan Simangambat ini sangat membantu masyarakat sekitar. Walaupun sejatinya tidak berkontribusi apapun untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Paluta.

“Keberadaan perusahaan mengurangi pengangguran walaupun hanya untuk wilayah tersebut,” kilahnya.

Terkesan membela, Mukhlis Harahap menyebut selama ini ada upaya pihak perusahan untuk mendapatkan izin usaha perusahaan. Tetapi karena ada kendala di pusat, makanya izinnya tak kunjung diterbitkan.

“Jadi dari sini kita harus bisa bedakan antara perusahaan yang mau mengurus dan tidak mau mengurus izin,” ujarnya penuh semangat.

Lebih jauh Mukhlis menjelaskan, alasan perusahan tidak mendapat izin karena perusahaan tersebut berada di kawasan hutan register 40.

“Untuk itu, hingga sekarang kita sudah berusaha bersama pemda untuk pembebasan lahan supaya izinnya keluar,” tandasnya.(wol/bon/data3)

Editor: SASTROY BANGUN