Kasus Pertama di Timur Tengah, Dua Pasien Virus Corona di Iran Meninggal

foto: ilustrasi pasien Virus corona (Chinatopix via AP)

TEHERAN, Waspada.co.id – Kementerian Kesehatan Iran menyatakan dua pasien yang terinfeksi virus corona meninggal dunia.

Dua korban mengembuskan nafas setelah dites positif virus corona pada Rabu kemarin. Dua orang itu merupakan kasus corona pertama yang menjangkiti republik Islam itu.

Kantor berita YJC mengatakan kedua korban adalah warga negara Iran dan penduduk kota suci Qom, wilayah selatan Teheran. Mereka juga merupakan kematian pertama akibat virus corona di Timur Tengah.

Seorang juru bicara kementerian mengatakan dua korban merupakan warga lanjut usia dengan masalah kekebalan tubuh. Mereka meninggal saat menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

“Menyusul penyakit pernapasan kronis, dua pasien dinyatakan positif dalam tes pendahuluan,” katanya dikutip dari kantor berita IRNA seperti dilansir dari AFP, Kamis (20/2).

Hingga saat ini korban meninggal akibat terinfeksi virus corona di seluruh dunia telah mencapai 2.120 orang.

Sebagian besar korban merupakan warga China, khususnya di Wuhan, Provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran virus corona.

Dikutip dari CNN, sebanyak 2.112 korban meninggal terdapat di China daratan. Sementara delapan lainnya di enam negara yakni Iran dua orang, Hong Kong dua orang, Taiwan satu orang, Jepang satu orang, Filipina dan Prancis masing-masing juga satu orang. Virus itu juga menginfeksi 76.262 orang di sejumlah negara. (cnn/data2)