Karyawan Outsourching Dilindungi 3 Program BPJamsostek

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Kepesertaan BPJamsostek sangat penting bagi para pekerja. Karena dengan menjadi peserta BPJamsostek, maka pekerja mendapatkan jaminan sosial.

Kepala BPJamsostek Cabang Medan Kota, Syahrial, menuturkan kepesertaan pekerja tak hanya berdasarkan status pekerjanya saja. Bahkan, pekerja alih daya pun harus menjadi peserta BPJamsostek.

“Adapun yang membedakan untuk pegawai outsourching hanya skala perusahaan tempat bekerja. Semakin besar perusahaan, maka program BPJamsostek yang diikuti juga banyak,” tuturnya, Senin (10/2).

“Keikutsertaan pekerja itu ada dalam 3-4 program dan itu berdasarkan skala perusahaannya buka dari status atau jenis pekerjaannya meski pun hanya outsourching.

“Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) telah mendaftarkan sekitar 27 karyawan outsourchingnya untuk bagian kebersihan dan keamanan di bawah naungan Kejatisu,” katanya dalam kegiatan Sosialisasi Program BPJamsostek Kerjasama Bidang Datun Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dengan BPJamsotek Cabang Medan Kota.

Dan dari ketentuan yang ada, jika pekerja bekerja di perusahaan skala menengah besar, maka harus ikut 4 program BPJamsostek. Yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hati Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Sedangkan, jika perusahaan berskala kecil, wajib diikutsertakan dalam tiga program meliputi JKK, JKM, dan JHT. Kejatisu mendaftarkan pekerjanya tak hanya untuk 2 program saja, yakni JKK dan JKM tapi pekerja outsourching juga mendapatkan program JHT,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN